ACT

RPJMD Balangan Masuk Penilaian PPD

0 26

BAPPEDA Kabupaten Balangan, kedatangan tim Independen Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), yang disambut langsung oleh Bupati Balangan beserta jajaran, di Aula Benteng Tundakan, Selasa (11/2/2020).

TIM Independen Penilaian PPD, Suratno, menyatakan, Kabupaten Balangan masuk dalam peringkat empat besar yang mampu bersaing dengan tiga Kabupaten lainnya, diantaranya Kabupaten Banjar, Tapin dan Tanah Bumbu.

Dalam hal tersebut, Suratno menyampaikan ada empat aspek yang dijadikan sebagai penilaian pada PPD itu. “Proses penyusunannya, dokumennya, aspek inovasinya, bottom up penyusunannya. Jadi empat komponen itu lalu dirinci masing-masing,” ujarnya.

BACA: Sambangi Warga, Bupati Balangan Serahkan Bantuan

Tentunya tim penilai Independen ini akan memverifikasi serta mengkonfirmasi, kemudian menyampaikan hasil itu ke tim teknis dan tim utama untuk ditetapkan sebagai juaranya.

Dikesempatan yang sama, Kabid Perencanaan Makro dan Pengendalian Kabupaten Balangan Fakhriyanto menyatakan, Perencanaan teknokratis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bappeda adalah mengoptimalkan dalam hal bidang ekonomi, salah satunya berupa potensi wisata yang ada di Balangan.

“Potensi wisata ini berbasis alam dan budaya, tetapi konsep pengembanganya Pemerintah Daerah bekerja sama dengan BUMDes, yang tujuannya peningkatan pendapatan masyarakat desa wisata, jadi Pemda hanya sebagai regulator,” ucapnya.

Fakhriyanto menambahkan, selain hanya memaksimalkan di sisi ekonomi, Pemerintah Daerah juga telah mempersiapkan rencana utama untuk pembangunan Sport Center, yang akan direalisasikan pada tahun 2020 ini. Fahrianto mengharapkan agar semua elemen harus bisa berkolaborasi untuk menentukan percepatan kemajuan pembangunan di daerah.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.