ACT

4 Kabupaten dan Kota di Kalsel Masuk Program 100 Smart City

0 157

PROGRAM 100 Smart City telah dicanangkan pemerintah pusat sejak tahun 2017 lalu. Di tahun tersebut ditunjuk 25 kota dan kabupaten se-Indonesia yang dinilai bisa mengimplementasikan smart city.

PROGRAM tersebut dilanjutkan lagi di tahun 2018. Saat itu, pemerintah pusat menujuk 50 kabupaten dan kota di Indonesia untuk melaksanakan program smart city. Dari lima puluh kabupaten dan kota terpilih itu, dua diantaranya adalah Pemkot Banjarmasin dan Pemkot Banjarbaru.

Di tahun 2019 ini, program 100 smart city itu kembali dilanjutkan pemerintah pusat.
Ada dua puluh lima kabupaten dan kota yang kembali dinobatkan melaksanakan program tersebut, dua diantaranya adalah Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tabalong.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada dua puluh lima kabupaten dan kota itu, mereka kemudian diberikan penghargaan, yang diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo RI Johnny G Plate.

Dengan masuknya Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tabalong dalam gerakan 100 smart city Indonesia, maka di Kalsel saat ini ada 4 daerah yang melaksanakan program 100 Smart City.

Johnny G Plate dalam arahannya, saat pencanangan program 100 Smart City Tahun 2019, berpesan agar kabupaten dan kota yang telah melaksanakan program 100 Smart City untuk melakukan akselerasi dan memastikan road map kota cerdas menjurus kepada pelayanan yang lebih baik, dan berujung kepada partisipasi serta keiikutsertaan masyarakat di dalam pembangunan bangsa dan negara.

Ia juga berharap agar masukan-masukan yang didapat dalam kegiatan pencanangan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 dapat dibawa ke daerah masing-masing dan dipergunakan untuk kemakmuran masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta pada kegiatan ini. Pertemuan-pertemuan seperti ini banyak manfaatnya, semua diskusi di forum-forum adalah untuk memberikan masukan-masukan yang diharapkan dapat dibawa ke kabupaten atau kota,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.