Antisipasi Pesatnya Tekhnologi, BI Sosialisasikan Sistem Pembayaran Digital

0

BANK Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan berupaya mendorong pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi mengenai QR Code Indonesian Standard (QRIS) di Banua.

KEPALA Kantor Perwakilan BI Kalsel Herawanto mengatakan, keberadaan QRIS akan meningkatkan efisiensi transaksi, mendorong efektivitas pelaku transaksi, dan mendorong perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“QRIS juga bertujuan untuk mengantisipasi pesatnya teknologi, terutama yang masuk ke sistem pembayaran, adapun sektor yang paling besar dalam pertumbuhan ekonomi yaitu sektor pariwisata,” ungkapnya, disela acara, Kamis (24/10/19) di Golden Tulip, Banjarmasin.

Dengan menggunakan sistem QRIS yang sudah diresmikan sebelumnya, BI meyakini pertumbuhan ekonomi Kalsel akan meningkat. Karena para pengunjung atau wisatawan yang akan berkunjung bakal menggunakan QRIS setiap bertransaksi.

“Tentunya apabila tempat wisata kita terdapat banyak pilihan, maka UMKM harus sudah siap dan menyediakan ditempat itu sistem transaksi QR code, sehingga para wisatawan akan lebih tertarik untuk berkunjung,” tambahnya.

Pihaknya berharap dengan melihat dari pertumbuhan transaksi tunai dan non tunai yang kini mengalami pertumbuhan pesat, maka dengan didukung sistem pembayaran QR bisa meningkatkan ekonomi Kalsel.

“Kita harapkan seluruh lapisan masyarakat nantinya dapat menggunakan transaksi yang cepat dan seketika, untuk mendukung kelancaran sistem pembayaran,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.