Keliling Kampung, Siram Sudut Rumah dengan Air Surat Yasin

0

RITUAL tolak bala dengan membaca tahlil, istighfar serta shalawat dilakukan warga Teluk Tiram, usai shalat Isya pada Jumat (20/9/2019) malam. Jamaah pun membawa tiga kitab Shahih Bukhari yang diyakini bisa menolak bala, berkat hadist-hadist sahih di dalamnya.

DENGAN berkeliling kampung, ritual tolak bala ini diawali dari gang ke gang di Jalan Teluk Tiram Darat RT 29 RT 01, Kelurahan Teluk Tiram. Dimulai dari Gang Palang Merah, Gang 34 Musafir, dan Gang Murni.

“Dengan seringnya musibah kebakaran, penting sekali kita menjalankan ritual tolak bala dengan berharap kepada Allah SWT. Kemarau tahun ini begitu panjang, sehingga sangat riskan terjadi kebakaran,” ucap Ustadz Muhammad Rifai, saat memimpin ritual tolak bala.

BACA : Warga Komplek Cakra Indah Gelar Prosesi Tolak Bala

Sebelum berkeliling kampung, jamaah pun melaksanakan shalat Maghrib dan Isya berjamaah di Langgar Darussalam, Teluk Tiram. Puluhan jamaah juga menyelenggarakan shalat hajat untuk meminta diturunkan segera hujan di tengah kemarau panjang ini.

Saat berjalan kaki memutari kampung, alunan syair Maulid Nabi Muhammad SAW serta bacaan lainnya mewarnai ritual tolak bala. Kitab Shahih Bukhari pun dibawa para jamaah. Setiap sudut rumah warga pun disiram dengan air yang telah dibacakan surat Yasin dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Tokoh masyarakat Teluk Tiram, Idrus mengatakan dengan ritual tolak bala dan berharap semata kepada Allah SWT, semoga musibah kebakaran dan lainnya bisa terhindarkan.

BACA JUGA : Bawa Kitab Sahih Bukhari, Warga Alalak Gelar Ritual Tolak Bala

“Dalam suasana seperti sekarang, sudah sepatutnya kita memperbanyak membaca istighfar memohon ampun kepada Allah SWT. Semoga Allah mengabulkan segala hajat dengan diturunkan hujan dan musibah kebakaran pun tidak terjadi lagi,” tutur Idrus.

Menurut dia, di tengah ancaman bahaya kebakaran, warga pun harus waspada dan hati-hati karena segala kemungkinan itu bisa saja terjadi. “Sekali lagi, kita semua berharap agar Allah SWT menjauhkan bala bencana di kampung kita, khususnya di Banjarmasin,” imbuh Idrus.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2019/09/20/keliling-kampung-siram-sudut-rumah-dengan-air-surat-yasin/,Air yasin untuk ru
Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.