ACT

Pangdam VI/Mulawarman tutup Dikmata Secata Gelombang I

129

PANGDAM VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Sabtu (7/9/2019), menutup Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2019 di Secata Rindam VI/Mulawarman, Banjarbaru.

DIKMATA diikuti 329 siswa dari seleksi reguler dari Kalsel, Kaltim, dan Kaltara, serta dari seleksi putra daerah dari wilayah Kalsel, Kaltim dan Kaltara, menjalani Pendidikan selama lima bulan atau 20 Minggu, sejak 22 April hingga 7 September 2019.

Mayjen Subiyanto mengatakan, para siswa dibekali pendidikan meliputi tiga aspek, yakni sikap dan perilaku, pengetahuan dan keterampilan, serta jasmani.

Setelah menjalani pendidikan selama lima bulan itu, mereka yang dinyatakan lulus sebagai tamtama TNI AD berpangkat prada yang berkualifikasi dasar prajurit dan dasar golongan tamtama TNI AD. “Setelah ini, mereka akan melanjutkan pendidikan sesuai dengan kecabangan masing-masing. Untuk kecabangan infanteri tetap di sini dan untuk cabang lainnya kebanyakan di Bandung,” katanya.

Pihaknya berharap rekrutmen prajurit tetap mengutamakan putra-putra daerah. Nantinya akan dikembalikan ke daerahnya masing-masing.

“Kita sangat mengharapkan putra-putra daerah, khususnya daerah terpencil dan pedalaman, yang sulit dijangkau aksesnya bisa menjadi prajurit. Kita rekrutmen prajurit gratis atau tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Hadir dalam penutupan Dikmata TNI AD ini, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed, dan para komandan satuan TNI dan Polri di wilayah Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.