Tabalong Gelar Pilkades Berbasis e-Voting Pertama di Kalimantan

0

PELAKSANAAN Pemilihan Kepala Dese (Pilkades) di Tabalong tahun 2019 berbeda dengan Pilkades-pilkades sebelumnya. Tiga dari 57 desa yang melaksanakan Pilkades ini menggunakan sistem electronic voting (e-Voting).

PENERAPAN e-Voting dilakukan di Desa Kambitin Raya, Desa Kasiau, serta Desa Tanta, yang berjalan dengan sukses.

Wakil Bupati Tabalong H Mawardi mengatakan, metode e-Voting pada Pilkades di tiga desa di Tabalong menjadi e-Voting pertama di Kalimantan. “Pelaksanaannya berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti,” ujarnya usai melakukan peninjauan pelaksanaan Pilkades bersama Dandim 1088/Tanjung Letkol Inf Edy Susanto, Kamis (22/8/2019).

Mawardi menghendaki proses Pilkades tahap berikutnya juga menerapkan sistem e-Voting. Mengingat, sistem e-voting hasilnya lebih akurat dan tidak bisa melakukan kecurangan dalam perhitungan suara karena semuanya sudah terpantau sistem elektronik.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa (DPMPD) Tabalong Arianto mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 ini tidak ditemukan masalah yang berarti. “Ada, namun masalah itu tidak begitu berarti dan dengan sigap dapat ditangani oleh petugas di lapangan,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.