Dirgahayu

Sama Raih 8 Kursi dengan Golkar, Posisi Ketua DPRD Banjar Bakal Direbut Gerindra

MESKI di atas kertas, Partai Golkar dan Partai Gerindra sama-sama merebut 8 kursi di DPRD Kabupaten Banjar hasil Pemilu 2019, namun diprediksi raihan suara parpol besutan Prabowo Subianto itu lebih unggul dibandingkan Beringin.

DATA ini mengacu pada hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang telah usai dilakukan KPU Kabupaten Banjar di Hotel Novotel Banjarbaru, Rabu (8/5/2019).

Dari raihan suara sah Golkar dan Gerindra itu, 8 kursi wakil rakyat dipastikan akan diisi kader kedua parpol dari lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Banjar. Namun, total suara Gerindra lebih unggul dibandingkan Golkar, sehingga potensi kursi Ketua DPRD Banjar bakal diisi kader Gerindra lebih terbuka.

BACA : Komposisi Anggota DPRD Banjar Diprediksi Separuh Wajah Baru

Partai Golkar hanya unggul telak di daerah pemilihan (Dapil) Banjar 5 meliputi Kecamatan Mataraman, Pengaron, Simpang Empat, Sungai Pinang, Sambung Makmur, Cintapuri Darussalam, Telaga Bauntung dan Paramasan. Sisanya, Gerindra menjadi jawara di empat dapil di Kabupaten Banjar. Perolehan total suara sah kedua parpol ini, yakni Golkar sebanyak 49.232 suara, dan Gerindra merebut 49.690 suara atau selisih 458 suara.

Komisioner KPU Banjar Muhammad Zain membenarkan, perolehan kedua parpol sama-sama bakal meraih 8 kursi di DPRD Banjar hasil Pemilu 2019.

BACA JUGA : Petahana Raih Suara Terbanyak, Ini Prediksi 30 Caleg Terpilih DPRD Banjarbaru

“Tetapi perolehan suara sah Partai Gerindra lebih banyak dibanding Partai Golkar. Jumlah pastinya saya tidak memegang, namun tadi selisihnya sedikit pada saat diplenokan di tingkat kabupaten,” kata Muhammad Zain kepada jejakrekam.com, Kamis (9/5/2019).

Apakah kemungkinan Partai Gerindra akan mengisi posisi ketua di DPRD Banjar yang selama ini dipegang Partai Golkar, Zain menyatakan potensi itu ada, sebab perolehan suara Partai Gerindra lebih banyak, meski hitungan kursi sama.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS