Ini Lima Tips agar Tubuh Tetap Bugar Walau Berpuasa

TANPA terasa bulan suci Ramadhan telah menyapa kita. Ibadah puasa Ramadhan menjadi sebuah kewajiban bagi umat muslim di sleuruh dunia, untuk mendatangkan berbagai pahala dan manfaat. Sayangnya, alasan berpuasa jadi sebagian kalangan untuk bermalas-malasan.

PADAHAL ada cara yang benar membuat puasa membuat tubuh tambah sehat. Bukan lemas dan menjadi alasan untuk bermalas-malasan.

“Sebenarnya, tubuh lemas itu bisa jadi karena cara atau menu sahur yang ada konsumsi, salah. Padahal, puasa itu malah membuat tubh semakin sehat,” kata dokter ahli gizi Rumah Sakit Islam Banjarmasin, dr Wahyu Hadi Prasetiyo kepada jejakrekam.com, Selasa (7/5/2019).

Ia memberi lima tips sahur yang benar dan justru membuat tubuh kita selalu bugar dan segar, walau sedang berpuasa.

BACA : Tips Sehat agar Saat Berpuasa Tetap Bugar

Wahyu mengatakan tips pertama adalahmakanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Jangan karena akan puasa, membuat Anda makan tanpa kontrol dan dalam porsi banyak. “Makan berlebihan saat sahur justru bisa membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Karena Anda jadi mudah ngantuk akibat terlalu banyak makan,” tuturnya.

Tips kedua, menurut Wahyu, adalah konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. “Selain itu, perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas memasuki siang hari. Hindari makanan berlemak dan pedas,” bebernya.

Tips ketiga disarankan dokter muda ini adalah jangan mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru, akan sangat berpengaruh pada kualitas puasa. “Saat sahur, coba makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong sehingga mudah lapar,” tuturnya.

BACA JUGA : Santap Sahur Lebih Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Selain itu, beber Wahyu, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Perbanyak juga konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, supaya terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa merupakan tips keempat yang disarankan dokter ahli gizi ini.

Tips terakhir atau yang kelima, Wahyu mengatakan agar kita mengusahakan jangan tidur usai shalat Subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur akan terbuang sia-sia. “Dengan lima langkah ini, tentu tak ada alasan tubuh terasa lemas saat berpuasa,” beber Wahyu.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS