Peribadatan Jumat Agung di Gereja Katedral Berlangsung Khidmat

MEMPERINGATI wafatnya Yesus Kristus, Jumat (19/4/2019), sejumlah gereja di Banjarmasin menggelar Ibadah Jumat Agung. Ibadah berlangsung sejak pukul 09.00 Wita dan dilanjutkan pada pukul 15.00 Wita.

DI GEREJA Katedral Keluarga Kudus, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, peribadatan berlangsung khidmat. Pastor Cosmas MSF mengatakan, Jumat Agung adalah suatu momen bahwa kuasa maut sudah dikalahkan oleh Yesus. Karena itu layaklah setiap umat yang percaya kepada Yesus mengucap syukur atas segala kebaikan dan kemurahan Yesus yang rela mati disalib untuk menebus dosa-dosa umat manusia yang percaya kepadanya.

“esus sudah mengalami kemenangan di Taman Getsemani. Yesus sudah menang terhadap kutuk, penderitaan, sengsara, tetapi yang pasti adalah menang atas maut atau kematian,” katanya.

Menurutnya, hanya melalui kematian dan pengorbanan Kristus di atas kayu Salib, orang berdosa beroleh keselamatan di dalam Tuhan. Melalui penderitaan Kristus di atas kayu Salib memberikan teladan bagi umatnya. “Kita dipanggil oleh Tuhan bukan hanya untuk mengenal Kristus untuk mengalami kuasa Kristus, tapi juga kita dipanggil oleh Tuhan untuk ambil bagian persekutuan di dalam penderitaannya,” bebernya.

Jumat Agung merupakan peringatan wafatnya Yesus Kristus. Kematian Yesus Kristus yang disalib untuk kepentingan umatnya diperingati oleh umat Kristiani setiap tahunnya sebelum Malam Paskah. “Di dalam Alkitab diceritakan, setelah Yesus mati dan dikuburkan, pada hari ketiga Ia bangkit dari kematian. Kebangkitan Yesus ini disebut Hari Paskah, yang bertepatan dengan hari Minggu,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani