Penghitungan Logistik Pemilu Hasil Coblosan Ditunggu Sampai Malam

0

PROSES penghitungan suara yang telah dirampungkan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS) di Banjarmasin Timur, hampir rampung 100 persen. Saat ini, sudah dilakukan pengiriman kotak suara dan logistik pemilu hasil pemungutan dan penghitungan suara.

KETUA Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banjarmasin Lutfi Iskandar mengungkapkan saat ini sudah dilakukan pengiriman logistik pemilu hasil pencoblosan dari kelurahan menuju ke Kecamatan Banjarmasin Timur.

“Setidaknya, ada 1.790 kotak suara yang diangkut dari 358 TPS yang ada di kelurahan menuju kantor camat,” ucap Lutfi Iskandar kepada jejakrekam.com, Kamis (18/4/2019).

Menurut dia, sudah disiapkan satu truk dan dua pickup untuk mengangkut logistik pemilu hasil pemungutan suara dari TPS-TPS di wilayah Banjarmasin Timur. “Jadi, karena setiap kelurahan itu jumlahnya 100 hingga 200 kotak suara, jadi bisa tiga trip untuk mengantarkan logistik hasil pemungutan suara ini sampai ke kantor kecamatan,” ucapnya.

BACA : Penghitungan Suara TPS Rampung, PPK Banjarmasin Siapkan Rapat Pleno

Ia meyakini semua akan rampung pada Kamsi (18/4/2019) ini. “Insya Allah, hari ini semua sudah rampung seluruhnya. Tinggal menyiapkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan,” papar Lutfi.

Dia mengakui dalam pendistribusian tidak bisa memperkirakan. Ini mengingat dalam pengirimannya tergantung faktor alam, karena bisa saja terkendala saat hujan turun atau lainnya. “Pokoknya, di antar semalam-malamnya. Yang pasti, kami siap menunggu di kantor kecamatan,” pungkas Lutfi.

BACA JUGA : Gunakan Honor KPPS, TPS 30  di Sungai Andai Mengangkat Konsep Karakter Palui

Sementara itu, proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan di tiap TPS di Banjarmasin Timur, seperti terlihat di Komplek Melati, Jalan Pramuka, Sungai Lulut, berlangsung hingga Kamis (18/4/2019) dinihari, sekitar pukul 04.00 Wita.

Beberapa petugas KPPS mengakui penghitungan yang cukup lambat, karena ada lima surat suara ditambah harus menyalin ke dokumen lainnya seperti C1 dan lainnya, membutuhkan waktu agar tak terjadi selisih.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.