Ada Lima Surat Suara Dicoblos, KPU Kalsel Imbau Warga Tak Golput

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel jelang hari pemungutan suara, Rabu 17 April 2019 makin gencar menyosialisasikan pemlu. Dengan cara berkonvoi, sosialisasi untuk menggenjot partisipasi pemilih di Banjarmasin dan sekitarnya, terus diingatkan agar menggunakan hak suara dan tak memilih menjadi golput.

DENGAN menerjunkan lima mobil bak terbuka yang memuat gambar calon Presiden dan Wakil Presiden, kemudian 20 parpol peserta Pemilu 2019, dan 14 calon anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Selatan, konvoi sosialiasi diawali dari depan kantor KPU Kalimantan Selatan di Jalan Achmad Yani Km.3 Banjarmasin.

Rombongan pun kemudian menyasar beberapa ruas jalan raya protokol di lima kecamatan yang Kota Banjarmasin, Selasa (16/4/2019) pagi.

BACA : Pemilih Pemula Ternyata Baru Tahu Ada Lima Surat Suara Pemilu 2019

Kepala Bagian Hukum, Teknis Hubmas KPU Kalimantan Selatan, Huria Rahman mengungkapkan konvoi sosialisasi ini sebagai upaya agar lapisan masyarakat dapat mempergunakan hak pilihnya untuk lima tahun ke depan.

“Kami dari KPU Kalimantan Selatan, berharap dengan konvoi sosialisasi ini masyarakat dapat datang ke TPS dan mengetahui bahwa Rabu (17/4/2019) besok adalah pelaksanaan pencoblosan surat suara Pemilu 2019,” ujar Huria Rahman.

Dengan berkeliling ke lima kecamatan, Huria Rahman mengatakan konvoi sosialisasi yang juga membawa dua maskot Sang Sura. Simbol ini diharapkan juga bisa meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam melakukan pemilihan calon wakil rakyat dan pemimpin nasional.

“Mudah-mudahan angka partisipasi dapat meningkat. Kami meminta masyarakat jangan golput. Ayo, datangi TPS dan pilihlah sesuai dengan hati nurani,” ucap Huria Rahman.

BACA JUGA : Ada Lima Surat Suara, Perhitungan Dipastikan Bisa Sampai Larut Malam

Konvoi ala KPU Kalsel ini juga direspon Yanti. Warga Jalan Sungai Miai Banjarmasin Utara yang mengaku selain unik juga menambah pengetahuan dalam proses pencoblosan surat suara nanti di TPS.

“Sangat berguna. Apalagi, dalam mobil sosialisasi ada yang menginformasikan tata cara pencoblosan dan jumlah surat suara yang akan dicoblos ada lima dengan berbeda-beda warna,” ucap Yanti.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS