Kejar Target Terbaik dalam Pelaporan Keuangan

PEMBINAAN dan monitoring penyusunan laporan keuangan di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Selasa (26/3/2019).

KEGIATAN ini dihadiri Kepala Divisi Administrasi Edy MS Hidayat, Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN Eko Herdianto, dengan peserta pengelola keuangan dari sub bagian Keuangan kanwil, Lapas Banjarbaru, Rupbasan Kelas I Banjarmasin, Rutan Marabahan, Lapas Banjarmasin, LPP Martapura, Kanim Banjarmasin, LPKA Martapura, Bapas Banjarmasin, dan LP Narkotika Martapura.

“Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, selama dua tahun peringkat laporan keuangan kita sudah bagus. Tahun ini laporan anggaran keuangan kita kalah cepat dengan laporan keuangan dari kementerian lain, sehingga peringkat kita agak menurun,” kata Edy MS Hidayat.

Kabag Akuntansi dan Pelaporan Biro Keuangan (Aklap) Setjen Ramelan Suprihadi mengatakan, kegiatan untuk monitoring laporan keuangan. “Mempertahankan apa yang kita dapatkan berupa predikat laporan keuangan terbaik merupakan hasil kerja dari teman-teman, yang sekarang manfaatnya dirasakan oleh sekitar 60 ribu pegawai Kemekumham. Dilihat dari persentasi sebagian besar background, faktanya bukan dari bidang ekonomi namun kita bisa membuktikan bahwa kita bisa jadi salah satu yang terbaik,” ungkapnya.

Dalam materi yang disampaikan ada beberapa pembahasan, dimana materi pertama mengenai unit bisnis akuntansi yang menjelaskan alur pengadaan laporan keuangan dari hasil transaksi yang dilakukan untuk mendukung data lampiran laporan keuangan, dengan memperhatikan contoh laporan keuangan (unaudited) Kemenkumham sebagai referensi bagi para operator aplikasi pelaporan keuangan, dimana dihasilkan beberapa solusi masalah laporan keuangan, yaitu komitmen Kemenkumham meningkatkan kualitas LK-nya sesuai SAP, mengimplementasikan kebijakan penyusunan laporan keuangan di lingkungan Kemenkumham, Rekonsiliasi antara SAIBA dan SIMAK BMN dilakukan setiap tingkatan, menyediakan SDM yang kompeten di bidang akuntansi dan pelaporan, mengintensifkan penertiban pengelolaan BMN, serta koordinasi antar pihak.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani