Ganti Trafo Baru dan Tiang Beton, PLN Pastikan Secepatnya Listrik Menyala

0

TIANG besi ganda atau penyangga tranformator atau trafo listrik di Jalan Dharma Praja, persis depan kediaman Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, roboh akibat pondasinya keropos, Sabtu (5/1/2019) sekitar pukul 12.45 Wita. Akibatnya, pasokan listrik ke ratusan rumah warga pun mati total.

SALAH satu saksi yang melihat langsung kejadian itu, Ali Rahman mengakui awalnya dirinya mengira terjadi tabrakan hebat, hingga terdengar bunyi yang begitu nyaring.

“Waktu itu, saya hendak berwudhu, tiba-tiba terdengar bunyi seperti kendaraan bermotor tengah tabrakan. Eh, ternyata begitu saya lihat, tiang trafo listrik yang roboh,” ucap Ali Rahman, seorang sekuriti kediaman Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kepada jejakrekam.com, Sabtu (5/1/2019).

Ia mengatakan sewaktu roboh, tidak ada angin kencang maupun hujan lebat. “Ya, tiba-tiba saja roboh. Untungnya, saat roboh, tiang listrik berikut trafo yang terjatuh tak menimpa orang yang lewat di jalan,” kata Ali Rahman.

Supervisor ULP PLN Rayon A Yani, Tri mengungkapkan ketika tiang penyangga trafo listrik ini, terpaksa aliran listrik di seputar Jalan Dharma Praja, Jalan Pramuka dan sekitarnya Jalan A Yani Km 6 dipadamkan. “Robohnya tiang penyangga trafo listrik ini akibat sudah keropos,” kata Tri.

BACA :  Tiang Trafo Listrik Depan Kediaman Walikota Banjarmasin Roboh

Akibatnya, suplai listrik bertegangan 160 KVA yang mengaliri 200 hingga 300 rumah pelanggan itu langsung padam. “Secepatnya kami evakuasi tiang listrik yang roboh ini. Saat ini, kami langsung mengganti dengan yang baru,” ucap Tri.

Agar lebih kuat, Tri mengatakan tiang besi diganti dengan tiang beton, trafo listrik dan aksesoris lainnya juga diganti dengan yang baru. “Kami bekerja maksimal agar jaringan listrik bisa menyala di rumah pelanggan,” tuturnya.

BACA JUGA :  Diduga Listrik Konslet, Lima Rumah Kampung Melayu Laut Tinggal Puing

Ia meminta maaf atas kejadian tersebut. Menurut Tri, dampak dari robohnya tiang listrik itu memang dirasakan warga langsung, ketika listrik harus dilakukan pemadaman. “Kami usahakan pasokan listrik bisa normal. Paling lambat pada malam ini sudah bisa menyala,” ujar Tri.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina langsung turun ke lokasi. Karena berdekatan dengan kediamannya, Walikota Ibnu Sina pun menyaksikan proses evakuasi dan pemasangan tiang penyangga trafo listrik yang baru.

“Kita bersyukur tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Apalagi, kejadiannya secara spontan, tak ada angin ribut, tiang trafo listrik ini roboh sendiri,” ujar Ibnu Sina.

Belajar dari kasus itu, Walikota Ibnu Sina pun meminta agar pihak PLN segera mengecek semua tiang jaringan listrik atau trafo, agar kejadian serupa tak terulang.

“Tiang listrik dari besi sudah seharusnya diganti dengan tiang beton. Saya juga mohon maaf, gara-gara tiang trafo listrik ini roboh, akses jalan jadi terganggu, termasuk jaringan listrik padam,” kata Ibnu Sina.

Ia berharap agar PLN segera memperbaiki dan memasang jaringan listrik yang baru, sehingga aliran setrum bisa kembali dinikmati warga, khususnya pelanggan perusahaan plat merah itu.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.