Pendidikan Biologi Terakreditasi A, ULM Ingin Kejar Universitas Mulawarman

0

PROGRAM studi (prodi) Pendidikan Biologi di FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), kian menambah daftar prodi yang meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT).

TOTALNYA, ada 20 prodi strata satu (S1) di ULM dan program magister pendidikan di FKIP telah mendapat predikat memenuhi standar mutu atau akreditasi A dari lembaga penilai independen.

Untuk standar matrik skor nilai akreditasi yang diterapkan BAN-PT bagi perguruan tinggi adalah A = 361-400, B = 301-360, dan akreditasi C skornya 201-300.

Dengan bertambahnya prodi yang berakreditasi A, maka impian civitas akademika ULM untuk meraih akreditasi A institusi, tinggal menunggu waktu. Memang, ULM agak terlambat karena sudah disalip Universitas Mulawarman di Samarinda, Kalimantan Timur menjadi universitas pertama di Kalimantan yang meraih akreditasi A. Sebagai yang tertua, ULM menginginkan hasil serupa.

Harapan itu juga dilontarkan Wakil Rektor I ULM Prof Dr Alim Bachri. Ia mengaku bersyukur dengan raihan akreditasi A Prodi Pendidikan Biologi di FKIP ULM.

“Harapan agar ULM secara institusi meraih akreditasi A akan makin mudah. Sebab, ULM ingin menjadi universitas yang lebih baik dan berdaya saing baik berskala nasional, maupun internasional,” kata guru besar manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis ULM ini.

Alim Bachri mengungkapkan Prodi Pendidikan Biologi di FKIP ULM, bukan prodi terakhir yang meraih akreditasi A. “Sebab, tim asesor ULM telah menyiapkan beberapa prodi untuk akreditasi ulang. Terutama, prodi-prodi yang bobot akreditasinya mendekati A akan diakreditasi ulang. Namun, dengan cacatan usia akreditasinya melebihi satu tahun,” ucap jebolan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Alim Bachri menjelaskan ada beberapa prodi yang telah disiapakan untuk reakreditasi seperti Prodi Pendidikan Kimia di FKIP, Prodi Manajemen dan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan FEB serta prodi lainnya di ULM.

Raihan akreditasi A disambut suka cita mahasiswi jurusan Pendidikan Biologi FKIP ULM. Seperti Cahaya, mahasiswi angkatan 2017 mengaku senang dengan akreditasi A yang diraih almamaternya.

“Alhamdulillah, prodi kami meraih akreditasi A, ini membuktikan kerja keras dari jajaran civitas akademika ULM membuahkan hasil,” terang Cahaya kepada jejakrekam.com, Rabu (31/10/2018).

Cahaya memastikan dengan raihan akreditasi A, maka Prodi Pendidikan Biologi, baik mahasiswa dan alumnusnya bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di tengah kompetisi yang makin ketat.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.