Termasuk 130 Komisioner KPU yang Dilantik, Anggota KPU di 12 Kabupaten/Kota Tinggal Pilih Ketua

0

LENGKAP sudah jaringan lembaga penyelenggara pemilu di Kalimantan Selatan, terkecuali Kabupaten Tabalong. Tercatat, para komisioner KPU yang ada di 12 kabupaten dan kota di Kalsel, termasuk dalam 130 anggota yang dlantik Ketua KPU RI, Arief Budiman di Gedung KPU RI, Jakarta, Minggu (24/6/2018).

RATUSAN komisioner periode 2018-2023 yang ada di 6 provinsi, termasuk di Kalimantan Selatan. Usai melantik, Ketua KPU RI Arief Budiman mengingatkan agar para komisioner baru yang dilantik utuk menjaga prinsip dan memegang erat transparansi dan integritas.

Termasuk, para komisioner yang wajah lama dan baru di Kalsel. Mereka yang dilantik adalah para komisioner terpilih usai mengikuti proses seleksi yang cukup panjang. Dimulai dari proses di daerah melalui tes administrasi, CAT, kesehatan, psikotes, wawancara hingga uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) secara nasional.

Untuk 10 kabupaten dan 2 kota yang dilantik massal ini adalah KPU Banjarmasin, Kabupaten Banjar serta Kabupaten Kotabaru yang masih diisi lima komisioner. Sisanya, tiga komisioner periode 2018-2023 adalah KPU Banjarbaru, Tanah Bumbu, Balangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Utara (HSU), Hulu Sungai Tengah (HST) dan Barito Kuala (Batola), Kabupaten Tapin, serta KPU Tanah Laut.

Kepada jejakrekam.com, Minggu (24/6/2018), komisioner KPU Kotabaru Jumanti Liany mengakui prosesi pelantikan sudah dilaksanakan secara massal, tinggal menggelar rapat pleno untuk memilih ketua dan divisi-divisi yang ada di KPU.

“Kami juga akan menjalin koordinasi sesama anggota KPU Kotabaru untuk menyiapkan penyelenggaraan pemilu yang lebih baik di daerah,” ucap Jumanti Liany.(jejakrekam)

Penulis Asykin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.