Berkah Ramadhan dan Idul Fitri, Semoga Banua Aman dan Damai

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor bersama ribuan warga Kalsel Shalat Ied di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Jumat (15/6/2018).

SHALAT Ied tahun 1439 H ini, diimami Tuan Guru H Sa’adudin Salman yang merupakan imam Mushalla Ar Raudah Sekumpul, Martapura. Sedangkan, yang menjadi khatib adalah Tuan Guru H Hasanuddin Badruddin, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Martapura.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya berharap dengan puasa yang dilakukan sebulan penuh ini, bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta warga Banua bisa hidup dengan rukun dan damai.

“Kemenangan suatu kebanggaan, dan kita sudah menyelesaikan kewajiban kita terhadap perintah-Nya. Semoga dosa-dosa kita diampuni, dan semoga Allah SWT berkenan memberikan kita umur panjang dan bisa bertemu dengan Ramadhan tahun akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, Khatib Shalat Ied Tuan Guru H Hasanuddin Badruddin mengatakan, kemenangan yang dahsyat adalah kemenangan melawan hawa nafsu. “Sebab hawa nafsu bisa merongrong dan menghambat kita dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Hawa nafsu senantiasa ingin merusak hubungan antara makhluk dengan Sang Pencipta dan hubungan antara manusia dengan sesama makhluk. Karena itu, kita wajib mengendalikan dan menjinakan hawa nafsu,” tuturnya.

Menurutnya, salah satu keutamaan puasa adalah untuk mengendalikan dan menjinakkan hawa nafsu. Dimana, dengan mengendalikan hawa nafsu maka derajat manusia akan meningkat, jiwanya akan suci. Sebaliknya, dengan menuruti hawa nafsu maka hubungan antara manusia dengan Tuhannya akan menjadi retak,” imbuhnya.

Sebab, beber Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam ini, lantaran hawa nafsu, dunia menjadi kacau. “Dimana, perang saudara bisa terjadi karena hawa nafsu, dan kawan menjadi lawan. Hawa nafsu tidak boleh kita umbar, juga tidak boleh kita hilangkan. Hawa nafsu harus kita kuasai dan kita pimpin dengan hidayah agama,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.