Kemenpan-RB Minta Reformasi di Tubuh Kepolisian Terus Berjalan

0

PELUNCURAN aplikasi Sasirangan dilakukan Polda Kalimantan Selatan di salah satu pusat perbelanjaan di Banjarmasin, Jumat (6/4/2018), diharapkan memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang disediakan institusi kepolisian.

ASISTEN I Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel Siswansyah saat membacakan sambutan Gubernur H Sahbirin Noor, berharap kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang harus diikuti semua instansi untuk berinovasi demi menjangkau pelayanan yang maksimal.

Siswansyah mengungkapkan di era digital, segala macam pelayanan kini berbasis teknologi informasi demi mempermudah segala hal yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. “Namun, terpenting adalah kemudahan itu bisa saja disalahgunakan oleh oknum untuk kepentingan tertentu. Contohnya, facebook (FB) yang merupakan aplikasi media sosial terbesar sejagad. Ternyata, 50 juta data penggunanya bocor yang digunakan oleh oknum untuk kepentingan politik,” ucapnya.

Dia pun berharap agar aplikasi Sasirangan yang diluncurkan Polda Kalsel, terus ditingkatkan sehingga bisa digunakan masyarakat Banua di 13 kabupaten dan kota. “Kami berharap aplikasi Sasirangan ini dapat membangun kesadaran, kesungguhan, dan ketulusan agar masyarakat dan polisi di Kalsel lebih mudah berinteraktif sesama masyarakat Kalsel,” tandasnya.

Deputi Pelayanan Publik Menpan-RB, Diyah Natalisa juga memuji terobosan yang telah ditempuh Polda Kalsel, dilihat dari kelengkapan fitur yang disajikan dalam aplikasi Sasirangan. “Apalagi, ada muatan dari kearifan lokalnya dari segi namanya. Jadi, masyarakat Kalsel jauh lebih akrab dengan aplikasi tersebut,” ucapnya.

Ia mengungkapkan aplikasi Sasirangan juga sangat bermanfaat, seperti memberi kemudahan bagi masyarakat dalam proses rekrutmen CPNS, tinggal membuka aplikasi tersebut sudah disajikan data dan informasi yang dibutuhkan.

“Dengan adanya aplikasi ini juga bisa mempersingkat waktu, kemudahan prosedur, dan lebih akuntabel. Ini sesuai dengan visi-misi Kapolri dalam mereformasi institusi kepolisian serta modernisasi dalam struktur demi memberi pelayanan dan makin menumbuhkan kepercayaan publik,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.