Unjuk Yongmodo di Kejurda Karate Danrem Panju Panjung

0

UNTUK pertama kalinya, Komando Resort Militer (Korem) 102/Panju Panjung, memperkenalkan olahraga bela diri Yongmoodo, di hadapan masyarakat saat pembukaan Kejurda Karate Inkai Danrem Cup I Panju Panjung se-Kalimantan, di GOR KONI Palangka Raya, dari 10-12 November 2017.

ATRAKSI seni bela diri gabungan judo, taekwondo, apkido, sirum dan hon sin sul ini, dibawakan puluhan anggota Yongmodo, yang didominasi anggota TNI ini, mengundang decak kagum peserta kejurda dan masyarakat umum lainnya.

Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm HM Naudi Nurdika mengungkapkan ternyata animo masyarakat untuk bisa mengenal lebih jauh olahraga wajib milik TNI ini, begitu besar. Terbukti, sudah ada yang serius untuk menggeluti bela diri yang pertama kali dikembangkan di Korea ini.

Selain itu, saat ini, Korem 102/Panju Panjung juga sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi olahraga ini kepada masyarakat di berbagai even. Harapannya ke depan, yang main Yongmoodo ini bukan hanya TNI, tapi juga masyarakat umum.

Menurutnya, pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat, Yongmoodo menjadi olahraga yang jadi cabang eksibisi. Dan, pada PON XX di Papua pada 2020, secara resmi tercatat sebagai salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Namun sebelumnya, beber Naudi, olahraga ini akan masuk dalam salah satu olahraga yang dinaungi KONI Kalteng, dengan terlebih dulu memenuhi syarat-syarat apa saja yang harus dilengkapi.

“Jadi, olahraga yang merupakan perpaduan beladiri karate, taekwondo dan jijitsu. Kayak mix master art, yang diadopsi oleh TNI dan saat ini menjadi olahraga resmi bagi TNI. Kami terus akan melakukan sosialisasi,” ujar perwira menengah Mabes TNI AD ini.(jejakrekam)

Penulis  :  Tiva

Editor    :  Fahriza

Foto      :  Tiva

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.