Sempat Ditegur KASN, Akhirnya Lima Pejabat Dilantik Walikota Banjarmasin

0

SELEKSI yang dilakukan Panitia Seleksi Penjaringan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, akhirnya memutuskan lima kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Mereka dilantik di Aula Kayuh Baimbai oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Jumat (24/3/2017).

REKOMENDASI Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang menghendaki lelang terbuka terhadap lima pejabat yang mengisi kepala OPD dianggap layak untuk dilantik. Mereka adalah  Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin  Totok Agus Daryanto MPd, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Ir Lauhem Mahfuzi MAP, Inspektur Kota Banjarmasin James Fudhoil Yamin SH, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Banjarmasin Ir Sugito MT, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin DR dr Hj Anis Suroyo MPH.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Banjarmasin, Hamli Kursani mengungkapkan para pejabat yang dilantik itu telah selesai mengikuti serangkaian seleksi hingga tahap akhir. “Dari seleksi yang telah dilakukan panitia seleksi, hasilnya menunjukan ada lima orang yang berhak untuk dilantik menjadi kepala OPD,” ujar Hamli Kursani kepada wartawan, Jumat (23/3/2017)

Ia menegaskan para pejabat itu berhak menduduki posisi pejabat eselon II.b, karena diukur berdasar sistem merit yakni mengukur kompetensi dan kemampuan manajerial yang dianggap mampu untuk mengemban tugas-tugas kepemerintahan. “Dengan dilantiknya lima pejabat ini, berarti seluruh OPD yang ada di lingkup Pemkot Banjarmasin, sehingga tak lagi posisi yang lowong untuk tingkat eselon II b,” ucap Hamli.

Menurutnya, seleksi penjaringan pejabat yang akan menduduki eselon II.b di lima OPD telah dilakukan panitia seleksi sejak beberapa bulan lalu. Setelah dilakukan beberapa kali seleksi, terpilihlah tiga orang per OPD untuk mengikuti tahapan seleksi akhir. Selanjutnya, dalam seleksi tahap akhir itu dinyatakan satu dari tiga orang tersebut berhak menduduki posisi orang nomor satu di OPD tersebut.(jejakrekam)

Penulis  : Didi GS

Foto      : Sunarti

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.