72 Warga Balangan Dapatkan Kartu Prakerja

0

PROGRAM Pemerintah Kartu Prakerja kini dirasakan oleh warga Balanagan. Secara simbolis, Bupati Balangan, Ansharuddin menyerahkan kartu Prakerja kepada 70 warga yang beruntung mendapatkan kartu tersebut, Rabu (3/6/2020).

MEREKA yang mendapatkan Kartu Prakerja telah melewati seleksi melalui tes secara online yang dibuka oleh Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Kabupaten Balangan. Namun karena masih di tengah Pandemi Covid 19, belum ada pelatihan untuk penerima Kartu Prakerja itu.

Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Kabupaten Balangan tak membatasi jumlah warga yang mendaftar untuk mendapatkan kartu tersebut. Hal itu disampaikan oleh Bupati Balangan, Ansharuddin.

BACA : Ansharuddin : Ikuti Protokol Kesehatan Untuk Pencegahan Covid-19

Lebih lanjut jelas pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini, mereka yang mendapatkan Kartu Prakerja mendapat bantuan dana senilai Rp 3.550.000 untuk empat bulan ke depan.

“Kabupaten Balangan menyambut baik program pemerintah pusat melalui program  Kartu Prakerja , dan ini ada yang bersifat bantuan dana dan pelatihan,” ucap Ansharuddin.

Pada wilayah Kabupaten Balangan, sudah ada 70 warga yang mendapatkan Kartu Prakerja. Bahkan pemerintah membuka untuk siapa saja yang bisa lulus dalam seleksi online untuk mendapatkan kartu tersebut.

Dana dari Kartu Prakerja disalurkan melalui Bank BNI sementara, Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Kabupaten Balangan berperan aktif untuk sosialisasi program tersebut.

BACA JUGA: Dandim Ingatkan Protokol Balangan Menuju New Normal

“Mekanisme pendaftaran peserta Kartu Prakerja bisa dilakukan secara online. Adapun kami melakukan sosialisasi mengenai cara dan tajapan untuk pendaftaran online tersebut,” jelas Kepala Dinas Transmigrasi dak Ketenagakerjaan Kabupaten Balangan, Syarwani.

“Saat masuk ke situs pendaftaran, kemudian calon peserta akan diarahkan dan dapat mengikuti panduan yang ada pada web,” tambahnya. Penyaluran dana untuk penerima Kartu Prakerja tak hanya melalui BNI, melainkan juga aplilasi OVO sebagai transaksi keuangan.

Perihal bantuan itu pula, Pemimpin Bidang Pemasaran dan Bisnis BNI Cabang Barabai, Rakhmat berterimakasih karena dipercaya oleh pemerintah sebagai penyalur dana untuk membantu masyarakat. “Kami berterimakasih, BNI telah dipercaya oleh pemerintah sebagai sarana penyaluran dana untuk penerima Kartu Prakerja,” ucap Rakhmat.

Ke depan jelas Rakhmat, bantuan tahapan selanjutnya akan kembali dilaksanakan. Terlebih tak ada batasan untuk penerima Kartu Prakerja selagi pemerintah masih memiliki dananya. Ia pun berharap agar masyarakat dapat menghadapi pandemi ini dan bekerjasama memutus mata rantai penyebaran Covid 19.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.