ACT

Dandim Ingatkan Protokol Balangan Menuju New Normal

0 45

UNTUK meningkatkan kedisiplinan masyarakat, Pemkab Balangan melalui Satuan Tugas, melaksanakan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan masyarakat di ruang publik, menuju new normal.

DIMULAINYA operasi ini, ditandai dengan pelaksanaan apel gabungan, Selasa (2/6/2020), bertempat di lapangan ruang terbuka hijau, Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kabupaten Balangan.

Ketua satgas penegakan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Balangan, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi menyampaikan, sesuai kebijakan dari Panglima seluruh wilayah agar melakukan operasi imbangan terkait program New Normal. “Jadi operasi ini bagian dari masa transisi kita menuju pelaksanaan new normal,” bebernya.

BACA : Anggota Komisi V DPR RI Reses Via Video Conference Dengan Pemkab Balangan

Pada pelaksanaan new normal nanti, kata Dandim, maka seluruh kegiatan di ruang publik harus mematuhi protokol kesehatan. Guna menuju pelaksanaan new normal itulah, lanjut dia, operasi menuju new normal ini dilakukan. Dimana, kata dia, untuk teknis penegakan disiplin protokol kesehatan ini diantaranya, yakni memeriksa suhu tubuh pengunjung, apabila di atas batas normal (37.5 derajat Celsius) maka akan dilarang memasuki empat kawasan itu.

“Untuk masker, kita akan menyediakan semampunya, tapi apabila persediaan masker kita habis dan masih ada pengunjung yang tidak menggunakannya, maka juga akan kita larang masuk,” tegas dia.

Sedangkan Wakapolres Balangan Kompol Tukiman, selaku Wakil Komandan Satgas mengungkapkan, pelaksanaan operasi ini berlangsung 14 hari, mulai tanggal 1 sampai dengan 14 Juni 2020. “Operasi difokuskan pada empat titik penjagaan, yaitu Masjid Al Akbar, Pasar Modern, Pasar Paringin dan objek wisata Water Park Arraudah,” terang dia.

BACA JUGA : Hadapi Pilkada Tim Kewaspadaan Dini Balangan Gelar Rakor

Dia mengungkapkan, ada empat hal yang disosialisasikan dan diedukasikan kepada masyarakat selama operasi, di antaranya wajib memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Apel gabungan sendiri diikuti oleh anggota TNI, kepolisian, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD dan Pramuka. Untuk penempatan jumlah personel di setiap titik tergantung tingkat keramaian pengunjung, dengan jumlah minimal personel 15 orang.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.