Musim Pancaroba, Waspadai Hewan Liar Masuk Rumah

0

DALAM sebulan terakhir banyak laporan hewan liar terlebih hewan melata yang diterima Dinas Pemadam Kebanyakan dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin, muncul di lingkungan warga dan menjadi keresahan.

KEPALA Bidang (Kabid) Kebakaran DPKP Kota Banjarmasin Misran menyampaikan, hal ini dikarenakan saat ini adalah musim ganti kulit (hewan melata). “Seperti ular dan reptil sejenisnya, seperti biawak dan lainnya,” ujarnya saat ditemui, Senin (8/5/2023).

Apalagi di musim yang seperti ini, sebagian besar hewan liar suka mencari tempat lembab dan gelap untuk berdiam diri. “Terlebih lagi tumpukan sampah, ataupun tumpukan barang-barang yang tidak terurus,” ucapnya.

BACA: Akibat Banjir Rob, Ular Sanca Masuk Pekarangan Rumah Warga Pekapuran Laut

Dari situ, ia mengimbau kepada masyarakat agar bisa menjaga kebersihan rumah, baik itu dari tumpukan sampah hingga atap rumah agar bisa dicek berkala.

Ia juga mengatakan, sebagian besar temuan hingga saat ini adalah dari laporan kemunculan ular. “Kebanyakan adalah ular, bahkan dari bulan April hingga sekarang tiap harinya kami mendapatkan laporan evakuasi ular,” jelasnya.

Yang mana, sampai sekarang DPKP Banjarmasin telah mengamankan puluhan hewan liar terutama ular. “Nantinya itu semua akan dilepas ke tempat yang lebih aman.” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.