Partai Pertama Daftar, PKS Optimis Capai Target 14 Kursi

0

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) Kalsel menjadi partai politik peserta Pemilu 2024 yang pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kalsel, Senin (8/5/2023).

KETUA DPW PKS Kalsel Ja’far, yang didampingi pengurus DPW PKS Kalsel mengucapkan rasa syukur, bahwa sudah mendaftar di KPU Kalsel dan sudah diterima.

Ja’far menjelaskan, dalam pendaftaran tadi terdapat 55 bacaleg yang didaftarkan dari 7 dapil. Dia merincikan, jumlah laki-laki sebanyak 36 orang dan perempuan sebanyak 19 orang.

BACA: Sesuai Nomor Urut, PKS Daftarkan Bacaleg ke KPU Pada 8 Mei

Dia menjelaskan, mendaftar pada hari ini memang atas perintah DPP PKS, untuk mendaftar serentak sesuai dengan nomor urut 8. “Bahkan kami pun datang ke KPU tadi pada Pukul 14.08 Wita , dimana angka 14 target kursi di DPRD Kalsel yang akan kami capai, sedangkan 08-nya sesuai nomor urut,” ujarnya mantap.

Masih menurut Ja’far, jumlah bacaleg yang didaftarkan tersebut merupakan kuota maksimal yang ditentukan KPU. “Setiap dapil sesuai kuota yang jumlahnya ada 8 dan 9 yang sudah memenuhi 100 persen, dan keterwakilan perempuannya pun mencapai 34, 9 persen,” ujarnya.

Dia pun optimis, target 14 Kursi di DPRD Kalsel akan tercapai, apalagi bacaleg yang didaftarkan ada yang wajah baru, wajah milenial dan juga ada wajah lama.

BACA JUGA: Usulan KPU Kalsel Tak Direspons, Alokasi 55 Kursi dan Dapil DPRD Kalsel Tetap Seperti Pemilu 2019

Sementara itu, Plt Ketua KPU Kalsel Siswadi Raya’an mengatakan, bahwa KPU Kalsel telah menerima pendaftaran bacaleg PKS Kalsel, dan ini partai yang pertama sejak dibuka dari seminggu yang lalu.

“PKS secara presentase sudah memenuhi syarat, dimana sesuai dengan jumlah maksimal kuota, dimana jumlah laki laki sebanyak 36 orang dan perempuan sebanyak 19 orang,” ujarnya.

Siswandi menghimbau kepada partai-partai lain agar segera mendaftar. “Kalau sudah lengkap segera mendaftar, ini agar tidak menumpuk di akhir,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.