Timsel Buka Pendaftaran Seleksi Komisioner KPU Kabupaten Dan Kota Di Kalimantan Selatan

0

TIM Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan telah mengumumkan pembukaan pendaftaran seleksi komisioner KPU kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, Selasa (7/3/2023).

PENGUMUMAN resmi tersebut diumumkan dalam sebuah jumpa pers yang di gelar oleh Timsel KPU Kabupaten Kota se-Kalsel di Aula KPU Kalsel.

Wilayah Kalimantan Selatan dibagi menjadi dua zona, yakni Kalsel 1 yang meliputi daerah Kabupaten Balangan, Banjar, Batola HSS, HST dan HSU. Sedangkan Kalsel 2 meliputi Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Kota Banjarbaru serta Kota Banjarmasin

Untuk Ketua Timsel Kalsel 1 adalah Hj Masyithah Umar, Sekretaris Wahyu, sedangkan anggota terdiri dari Yunandar, Yusuf Hidayat dan Anang Shophan Tornado.

Sementara, Timsel Kalsel 2 di daulat sebagai Ketua yakni Syaifudin, Sekretaris Zainal Pikri, serta anggotanya Sunardi, Hj Yusna Zaidah dan Muhammad Rasyid.

Pendaftaran sebenarnya di buka sejak tanggal 6 hingga 17 Maret 2023, atau selama 12 hari. “Kami baru menerima surat dari KPU RI, maka mulai hari ini pendaftaran resmi dibuka, dengan sekretariat di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) Jalan A Yani KM 4 Banjarmasin,” ungkap Ketua Timsel I Masyithah Umar.

Dia menjelaskan, tahapan rekrutmen mencakup seleksi administrasi bakal calon, tes tertulis, tes psikologis , tes kesehatan dan wawancara, hingga pengumuman yang lulus dari KPU RI.

Sedangkan syarat jadi bakal calon komisioner KPU kabupaten/kota , adalah warga negara Indonesia (WNI) dengan strata pendidikan minimal SLTA sederajat, memiliki integritas dan berkepribadian yang kuat, bukan anggota parpol, punya kemampuan dan keahlian dalam penyelenggara dan pengawasan pemilu. Dengan usia minimal 30 tahun.

Setelah mendapatkan para pendaftar batas maksimumnya 20 kali dari jumlah kebutuhan komisioner sebanyak 5 orang. Maka jumlahnya maksimal 100 pendaftar di masing-masing kabupaten/kota.

“Kalau nanti tidak mencukupi kebutuhan maksimal 20 kali jumlah kebutuhan, maka akan kita buka kembali pendaftaran selama 6 hari,” ujarnya.

“Setelah itu tahapan seleksi administrasi. Selanjutnya dilakukan tes tertulis dan psikotes, dan ini nanti minta tanggapan ke masyarakat, terkait para calon itu. Tahapan selanjutnya kita lakukan tes kesehatan dan wawancara. Kemudian didapat 10 orang, dan ini nanti kita kirim ke KPU RI. Maka yang menentukan 5 orang Komisioner KPU Kabupaten Kota itu adalah KPU RI,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Tim Kalsel 2 Syaifudin menambahkan, kami dalam melakukan seleksi komisioner itu ada dua dokumen. Pertama melalui digital dengan aplikasi SIAKBA dan print out-nya (fisiknya) harus diserahkan di sekretariat.

“Bagi daerah yang jauh, bisa menggunakan jasa pos dan kami tunggu batas pendaftaran sampai tanggal 17 Maret 2023 pukul 23.59 WITA,” ujarnya.

Owner Duta TV ini menyarankan, agar para pelamar mendaftar lebih awal, tidak menunggu sampai batas akhir pendaftaran. “Ini agar kalau ada kekurangan berkas bisa di perbaiki, lebih awal lebih baik,” ujarnya.

“Kita berharap keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen terpenuhi. Dari jumlah 5 komisioner, berarti harus ada 1 orang perempuan,” ucapnya.

“Kami pun dalam menyeleksi nanti harus mendapatkan orang yang berkualitas dan berintegritas, dan bisa memberikan kualitas pemilu di Kalsel,” imbuhnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/08/timsel-buka-pendaftaran-seleksi-komisioner-kpu-kabupaten-dan-kota-di-kalimantan-selatan/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.