Bupati Zairullah Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025

0

MUSYAWARAH Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Tahun 2025 mengusung tema, Penguatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendukung pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development).

BUPATI HM Zairullah Azhar, membuka secara resmi Musrenbang RKPD 2025 yang berlangsung di Gedung Mahligai Bersujud pada Rabu (3/4/2024).

BACA JUGA: Bupati Zairullah Paparkan Capaian Pembangunan Tanbu

Kegiatan yang difasilitasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tanah Bumbu (Tanbu) ini menjadi wadah forum koordinasi antar pemangku kepentingan dalam menyampaikan aspirasi pembangunan.

Kepala Bappedalitbang Tanbu, Andi Anwar Sadat, menjelaskan bahwa Musrenbang bertujuan untuk memberikan masukan terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025 Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

BACA JUGA: Gelar Festival Lomba Tanglong di Kusan Hulu Tanbu

“Tujuannya agar tersusun dokumen RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 yang memenuhi harapan dan kebutuhan para pemangku kepentingan, serta mendukung tercapainya tujuan pembangunan Tanah Bumbu,” ucap Sadat.

Bupati HM Zairullah Azhar dalam sambutannya menyebutkan, Musrenbang tingkat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) merupakan tindak lanjut dari Musrenbang tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan yang telah berlangsung sebelumnya.

BACA JUGA: Sejarah Tanbu Dibacakan Pada Peringatan HUT ke-21

“Musrenbang bertujuan untuk memberikan saran dan masukan terkait dengan RPJPD tahun 2025 dan membuka wacana untuk menentukan langkah ke depan di tahun 2025,” tuturnya.

Pada 2025, Tanbu menitikberatkan pada memaksimalkan sumber daya manusia yang kompetitif dan inovatif, percepatan pertumbuhan ekonomi, dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan maksimal di segala bidang.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Perkenalkan Acil Odah di HUT ke-21 Tanbu

“Tahun ini tahun politik, jadi beberapa kegiatan dikurangi dan dananya dipakai untuk Pilpres dan Pilkada. Insya Allah tahun depan dananya lebih banyak dan akan dipakai untuk membangun, termasuk infrastruktur, sosial budaya, dan lain-lain,” ujarnya.

Bupati mengungkapkan bahwa setelah Musrenbang ini, susunan RKPD akan dipadukan dengan hasil dari Musrenbang kecamatan. Poin-poin penting hasil dari Musrenbang kecamatan akan dipilah dan dianggarkan. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.