Ketersediaan Bapokting di Tabalong Diyakini Cukup Hingga Usai Lebaran 2024

0

MENJELANG Lebaran 2024, Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Tabalong memastikan ketersediaan stok bahan pokok dan penting (bapokting) masih cukup.

HAL itu diungkapkan Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah usai melakukan sidak bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat ke Pasar Tanjung, Rabu (3/4/2024).
“Untuk stok bapokting hingga setelah lebaran aman,” katanya kepada sejumlah awak media.

Adapun dari hasil pemantauan untuk harga sejumlah komoditas bapokting mengalami penurunan menjelang lebaran kali ini. “Harga masih stabil, malahan ada yang turun. Seperti telur, turun Rp 1 ribu yang dari harga Rp 32 ribu menjadi Rp 31 ribu,” lanjutnya.

Sedangkan ada pula yang mengalami kenaikan harga sejumlah bapok yang naik sedikit demi sedikit sehingga tidak terlalu signifikan. “Untuk ayam dari harga sebelumnya Rp 20 ribu perkilogram naik menjadi Rp 25 ribu, sedangkan beras ada jenis beras lokal yang mengalami penurunan seiring masyarakat petani sudah mulai panen padi,” ungkap Hamida.

BACA: Gerakan Pangan Murah, Pj Bupati Tabalong: Wujudkan Ketersediaan Pangan yang Cukup dan Terjangkau

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Tabalong, Syam’ani mengungkapkan stok bapok hingga usai lebaran cukup. “Stok bapok sampai dengan satu minggu menjelang lebaran dan satu minggu setelah lebaran aman,” ungkapnya.

Ditambahkan Syam’ani, untuk ketersediaan beras melalui program pemerintah melalui Rasda saat ini sedang dilakukan proses penyaluran pada bulan ini.

“Dipastikan harga stabil dan stock aman termasuk kebutuhan pokok lainnya terutama sayur karena sebagian sudah bisa diproduksi sendiri dan sudah mampu kebutuhan untuk masyarakat Kabupaten Tabalong,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.