Pelayanan Publik Pemkab HST Tahun 2023 Naik jadi Zona Hijau

0

OMBUDSMAN RI Perwakilan Kalimantan Selatan serahkan hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik Tahun 2023 kepada pemerintah daerah se-Kalsel, Rabu (17/1/2024).

HASIL penilaian kepatuhan standar pelayanan publik juga diterima oleh Pemkab Hulus Sungai Tengah (HST), yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri, Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA, Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas Kesehatan, Bagian Organisasi dan Dinas Pendidikan.

Berdasarkan hasil penilaian Ombudsman, Pemkab HST masuk dalam kategori predikat kepatuhan Kualitas tertinggi atau zona hijau dengan nilai 88,68. Nilai ini meningkat dibandingkan dengan Tahun 2022 yang meraih nilai 74,36.

BACA: Raih Predikat Opini Tinggi Ombudsman, Gubernur Kalsel: Memacu Semangat Pelayanan Publik Yang Prima

Kepala Ombudsman Perwakilan Prov Kalsel Hadi Rahman mengatakan, penilaian kepatuhan standar pelayanan publik dilaksanakan sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Penilaian ini dilakukan dengan tujuan untuk perbaikan dan penyempurnaan kebijakan Pelayanan Publik dalam rangka mencegah maladministrasi.

Dari hasil penilaian kepatuhan akan menghasilkan tiga kategori predikat penilaian, yakni zona hijau atau predikat kepatuhan tinggi, zona kuning atau predikat kepatuhan sedang, dan zona merah atau predikat kepatuhan rendah.

Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Selatan Hadi Rahman menyebutkan, dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel, terdapat 12 daerah yang berhasil meraih predikat zona hijau (3 Kabupaten kualitas tinggi dan 9 Kab/Kota kualitas tertinggi) dan satu Kabupaten masih di zona kuning.

“Adapun produk yang diambil datanya sebagai bahan penilaian meliputi produk administratif, baik perizinan maupun non perizinan yang ada di Dinas PMPTSP, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Sosial di masing-masing pemerintah daerah,” katanya.

BACA JUGA: Selama Tahun 2023 Ombudsman Perwakilan Kalsel Catat 1.231 Akses Masyarakat Yang Diterima

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri mengucapkan terima kasih dengan adanya lembaga pemantau seperti Ombudsman sehingga kinerja pemerintah daerah dapat lebih terarah. Serta dalam menjalankan tugas sesuai standar pelayanan publik.

“Penghargaan ini juga sebuah tantangan bagi Pemkab HST untuk mempertahankan dan menaikan nilai kepatuhan standar pelayanan publik tetap di zona hijau,” ucap Wabup.

Wabup berharap, seluruh SKPD untuk tetap kerja keras dan meningkatkan kerjasama antar SKPD untuk bisa mempertahankan maupun menaikan nilai kepatuhan dengan lebih meningkatkan lagi pelayanan publik.

“Mudah-mudahan apa yang kita peroleh saat ini bisa menjadi semangat bagi kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutup H Mansyah Sabri.(jejakrekam)

Penulis sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.