Ini Komentar Elite Parpol terkait Debat Capres ; Ganjar Lebih Baik, Prabowo Patriotik, dan Anies Sangat Realistis

0

DEBAT terbuka calon presiden (capres) yang digelar, KPU RI, Selasa (12/12/2023) malam lalu diapresiasi sejumlah elit partai politik (parpol) di Kalimantan Selatan (Kalsel).

MEREKA memberikan komentar dan penilaian masing-masing terkait adu argumen dari  kandidat capresnya.

Seperti Ketua DPD PDI-P Kalsel, Muhammad Syaripuddin mengatakan, malam itu, Ganjar Pranowo yang tampil sederhana, dinilai lebih baik dibandingkan Prabowo dan Anis.

“Pembawaannya lebih tenang dan santai. Perkataannya tersusun rapi dan runtut dengan diksi kalimat yang mudah dipahami, serta pemikirannya yang komprehensif dan lebih afirmatif dari paslon lainnya,” sebut Muhammad Saripuddin.

BACA : TPD AMIN Kalsel: Anies Baswedan Unggul Dalam Debat Capres Dan Menguasai Materi

Politisi muda yang akrab disapa Bank Dhin ini menegaskan, apa yang disampaikan Ganjar mengedepankan sisi rasional, fakta, dan memiliki relevansi terhadap kebutuhan masyarakat saat ini.

Terlebih terhadap isu Hukum, HAM, dan pemerintahan, Ganjar Pranowo sangat menguasai dan memahami karena pernah menjabat sebagai Gubernur dua periode dan mantan anggota DPR RI.

Berbeda, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel, menyatakan penilaian kepada capres Prabowo Subianto yang sosoknya kental memiliki karakter patriotik.

“Penilaianku jelas tergambar kualitas para capres dalam debat. Khususnya sosok Pak Prabowo yang patriotik, tegas dan memiliki wawasan luas, visioner dan mengedepankan politik yang sejuk,” kata Lutfi Saepudin, Kamis (14/12/2023).

Lalu, penilaian juga muncul dari Sekretaris DPW PKB Kalsel, H Hormansyah, menyebut, apa yang disampaikan oleh  Anies Baswedan sengat realistis dan bermakna dibandingkan dengan capres lainya dalam debat.

BACA JUGA : Himpun Elite Parpol Koalisi Perubahan, TKD Amin Kalsel Yakin Menangkan Pilpres 2024

Begitu pula, Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Kalsel, Awan Subarkah, menyatakan optimis. Artinya, penguasaan  Anies Baswedan terhadap berbagai permasalahan bangsa dan negara sangat menguasai. “Solusi-solusi nya Insya Allah bisa diterapkan apabila Anies terpilih sebagai presiden RI,” katanya.

Seperti diketahui, debat terbuka calon presiden (capres) untuk pemilu 14 Fabruari 2024, mulai digelar, Selasa (12/12/2023) malam di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta.

Tiga kandidat capres no urut 1, Anis Baswedan, capres no urut 2, Prabowo Subianto, dan capres no urut 3, Ganjar Pranowo pun tampil beradu argumen  disaksikan publik Indonesia melalui live streaming yang ditayangkan tribunnews.com malam itu.

Disegmen pertama, ketiga kandidat masing-masing menyampaikan visi-misi dan program kerja mereka.

Dimulai Anis Baswedan, menyatakan, kedepan harus dilakukan perubahan diberbagai aspek. Salahsatunya pada aspek hukum.

BACA LAGI : Kenalkan Sosok Sang Capres Anies Baswedan Lewat Buku Sketsa Karikatur

Menurutnya, negara hukum harus menempatkan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan rasa keadilan, mementingkan kebermanfaatan dan memberikan kepastian kepada semua.

Hukum harus dipegang teguh oleh pemegang kekuasaan baik yang dipuncak dan seluruh jajaran.

“Tapi saat ini apa yang terjadi? banyak aturan yang ditekuk oleh yang sedang memegang kekuasaan. Apakah ini harus dibiarkan dan diteruskan? Tentu tidak, dan harus ada perubahan,” sebut Anis.

Prabowo Subianto menyatakan, untuk me menempatkan hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintahan, pemberantasan korupsi, perlindungan terhadap semua kelompok masyrakat, sebagai sesuatu yang sangat penting. “Karena itu dalam visi-misi kita, hal-hal ini kami tempatkan paling atas, kata Prabowo.

Sedang Ganjar Pranowo, pada aspek pemerintahan dan politik, diantaranya menyatakan tidak membenarkan dan akan menghilang adanya istilah setoran keatas.

Pada aspek hukum, Ganjar juga menyatakan nantinya jika terpilih, akan menuntaskan seganap masalah dan kasus-kasus hukum.

“Saya akan tuntaskan setiap kasus hukum yang ada, dan tidak membiarkan kasus itu tertunda-tunda yang bisa dijadikan sebagai sandera dalam tujuan tertentu,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.