Puskesmas Lok Batu Hadirkan Inovasi Kita Jalan Bersama untuk Lansia

0

UNIT Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Lok Batu Kecamatan Batumandi memberikan sebuah inovasi Kita Jalan Bersama (Kita Jaga Lansia Bersama) guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

INOVATOR Kita Jalan Bersama, Putri Candhi Ironi, inovasi ini terbentuk karena meningkatnya jumlah lansia yang mencapai 455 orang di wilayah kerja Puskesmas Lok Batu.

Sehingga diperlukan cara dan pendekatan yang berbeda dengan melakukan kegiatan rutin dalam bentuk aktivitas fisik serta penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif.

BACA : Permudah Informasi Tentang Peternakan, DKP3 Buat Inovasi Si-Enak

Yang mana itu dapat berdampak terhadap meningkatnya kesadaran pada lansia untuk memelihara kesehatan mereka dan meningkatkan kemampuan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan lansia.

“Permasalahan sekaligus yang menjadikan ide awal terbentuknya inovasi ini adalah karena jumlah lansia yang lumayan banyak di wilayah kerja kita,” ujarnya, Selasa (12/12/2023).

Adapun tujuan hadirnya inovasi ini adalah untuk mengetahui pemetaan lansia di wilayah Puskesmas Lok Batu serta memberikan kehidupan yang bahagia bagi lansia.

BACA JUGA :  Antisipasi Rawan Pangan, DKP3 Balangan Salurkan Bantuan

Putri juga mengatakan, sebelum adanya inovasi Kita Jalan Bersama ini para lansia yang memiliki keterbatasan aktivitas tidak mendapatkan pelayanan secara rutin.

Namun sekarang dengan adanya inovasi KITA JALAN BERSAMA maka dilakukanlah kunjungan ke rumah lansia yang tidak dapat datang ke fasilitas kesehatan karena keterbatasan kemampuan dalam aktivitas sehari-hari.

“Jadi tentunya inovasi ini akan terus kita optimalkan lagi hingga dampaknya bisa makin dirasakan khususnya para lansia kita,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Riza/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.