Semakin Manis, Sederet Penghargaan Diraih Pemkab Banjar Sepanjang 2023

0

SEDERET prestasi berupa penghargaan pada beragam sektor seperti kesehatan, pendidikan, pelayanan publik hingga lingkungan hidup berhasil diraih Pemkab Banjar dibawah kepemimpinan Bupati H Saidi Mansur dan Habib Idrus Al-Habsyie.

TENTU saja penghargaan yang diraih tersebut merupakan kerja keras dari duet bupati dan wakil bupati yang mengusung visi dan misi menjadikan Kabupaten Banjar Maju, Mandiri dan Agamis (Manis) demi mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Sebut saja penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2022. Penetapan itu disampaikan dalam SK Menteri Hukum dan HAM (MenkumHAM) RI, Yasonna H Laoly, yang diterbitkan 15 November 2023 bersama 261 kabupaten dan kota lainnya di Indonesia.

BACA : 2024, Pemkab Banjar Terima Dana Transfer Ke Daerah Rp 2,18 Triliun

Hasil penilaian dari Kemenkumham RI menetapkan Kabupaten Banjar mendapat predikat Peduli HAM karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar bagi warganya.

Selain itu, Kabupaten Banjar juga raih penghargaan Perlindungan Konsumen Tahun 2023 untuk Kategori Pasar Tertib Ukur. Ini merupakan kali ke-7 Pemkab Banjar menerima penghargaan dari Kemendag RI yang mampu meningkatkan citra daerah melalui komitmen tinggi dalam melindungi kepentingan konsumen. Pelaku usaha dan Pasar Niaga Martapura Kabupaten Banjar telah berhasil menjadi percontohan tingkat nasional.

Tak ketinggalan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI juga menyerahkan penghargaan Adipura Tahun 2022 kepada Kabupaten Banjar dan diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie.

BACA JUGA : Sabet Penghargaan Nasional, Ini Prestasi Ditorehkan Pemkab Banjar

Sedangkan untuk bidang pendidikan tahun 2023, Pemkab Banjar meraih Anugerah Kihajar sebagai Daerah Jawara Belajar.id dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menobatkan Kabupaten Banjar sebagai Daerah Jawara Belajar.id Tahun 2023.

Capaian Penghargaan luar biasa dibidang pendidikan ini diumumkan dalam ajang penganugerahan Kihajar Tahun 2023 yang digelar di Senayan Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Sementara untuk bidang kesehatan, penghargaan diterima Kabupaten Banjar atas Upaya dalam percepatan penurunan stunting Bupati Banjar H Saidi Mansyur raih penghargaan bergengsi level nasional Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI yang diserahkan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam puncak Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat provinsi di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Kamis (27/7/2023).

Manggala Karya Kencana diserahkan karena Kabupaten Banjar dinilai sangat cepat dalam menurunkan angka stunting, dari sebelumnya di kisaran 40 persen % menjadi 26,4 persen.

Tak hanya sampai disitu, Kabupaten Banjar menerima tiga penghargaan YESS Award 2023 yang diserahkan Kementrian Pertanian RI digelaran Sarasehan Petani Milenial, di Hotel Claro Kota Makassar, Jumat (21/07/2023).

BACA LAGI : DKUMPP Banyak Sampaikan Program, Kabupaten Banjar Bersiap Jadi Daerah Tertib Ukur

Tiga penghargaan ini yakni kategori District Implementation Team untuk Kabupaten Banjar, kategori Business Development Services Provider di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Astambul dan kategori Fasilitator Pemuda oleh Muhammad Nur’ied asal Kabupaten Banjar.

Pemkab Banjar juga berhasil raih penghargaan nasional, Insentif Fiskal Kinerja kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Penghargaan diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi dari Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin, saat Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023, di Istana Wakil Presiden, Kamis (9/11/2023).

Pemkab Banjar juga mendapat penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Syafrizal ZA, diterima Bupati Banjar Saidi Mansyur saat kegiatan Diseminasi Peraturan Pemerintah Tentang Perkotaan, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).

Maturitas Pelayanan Perkotaan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 600.3-486 tahun 2023,diberikan kepada kabupaten dan kota yang memenuhi persyaratan, Dimana Pemkab Banjar dengan penerapan Smart City yang dimulai sejak tahun 2019 diakui tingkat kematangan atau pemenuhan standar kota cerdas sesuai SNI perkotaan cerdas.

Dengan sederet penghargaan yang dirahi sepanjang tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Banjar di penghujung tahun ini, kembali meluncurkan sejumlah Inovasi Daerah.

Dari 110 inovasi perangkat daerah pada tahun ini, 69 diantaranya lounching pada Selasa (28/11/2023).

Inovasi Daerah ini merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat serta harus memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat.(jejakrekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.