Target Menang, TKD Prabowo-Gibran Ingin Mengulang Memori Pilpres 2019 di Kalsel

0

MEMENANGKAN Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang menjadi target utama dari Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Kalsel.

DENGAN koalisi ‘gemuk’ dari berbagai parpol yang berhasil mendulang suara signifikan di Pemilu 2019 seperti Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, ditambah sejumlah parpol baru peserta pemilu diyakini dapat mendongkrak suara pasangan ini di Kalsel.  

Bila berkaca pada Pilpres 2019 lalu, Prabowo Subianto yang kala itu berpasangan dengan Sandiaga S Uno berhasil menang telak di Kalsel dengan mendapatkan 1.470.163 suara atau 64 persen berbanding 823.939 suara atau 36 persen suara dari rivalnya Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

BACA : Target Cetak Hattrick, Ketua TKD Prabowo-Gibran Kalsel Kumpulkan Elite Koalisi Indonesia Maju

Dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel, hanya Kotabaru duet Jokowi-Ma’ruf Amin menyabet kemenangan 91.141 suara berbanding 79.963 suara Prabowo-Sandi.

Basis massa pendukung rival Prabowo kala itu bisa dikuasai seperti Kabupaten Tanah Laut, Prabowo merebut 107.051 suara dengan 88.000 suara rivalnya. Begitupula, Tanah Bumbu menang tipis dengan perbandingan 94.703 suara dengan 91.151. 

Bahkan, kemenangan besar diraih Prabowo di kantong suara pemilih di Kalsel seperti Banjarmasin dengan 230.687 suara versus 130.760, Kabupaten Banjar dengan 216.767 suara berbanding 102.315 suara. Ini belum lagi ditambah suplai suara dari zona Hulu Sungai yang disapu bersih Prabowo.

BACA JUGA : Kalsel Diklaim Basis Suara Pendukung Prabowo, Gerindra Target Cetak Hattrick di Pilpres 2024

Ketua Tim kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Kalsel, Sulaiman Umar mengatakan, secara historis dan teritorial, pengalaman Prabowo Subianto mengikuti empat kali kontestasi pilpres, telah menciptakan basis dukungannya di Kalimantan, khususnya Kalsel, yang menggungguli paslon lain, para kompetitornya, bahkan yang memenangkan kontestasi sekalipun.

“Berdasarkan suara hasil Pemilu 2019 di Kalsel, koalisi partai yang mendukung pasangan Prabowo-Gibran unggul sebesar 47 % atau memiliki 922.314 suara,” ucap Sulaiman Umar usai rapat konsolidasi TKD Prabowo-Gibran di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (28/12/2023) malam.

Mantan anggota DPR RI ini pun menyebut, dari data yang mereka miliki, duet Prabowo-Gibran unggul di 10 kabupaten/kota, seperti Tanah Laut, Banjar, Barito Kuala, Tapin, HST, HSU, Tabalong, Balangan, Banjarmasin dan Banjarbaru.

Ia menambahkan, sesuai arahan Tim Kampanye Nasional, langkah yang akan mereka lakukan dalam waktu dekat ini adalah melakukan konsolidasi ke 13 kabupaten/kota di Kalsel.

“Merapatkan barisan untuk memenangkan secara mutlak pasangan Prabowo-Gibran di Kalsel menjadi target utama. Dari pemilu sebelumnya, Prabowo selalu menang karena ada di hati masyarakat Kalsel,” ucapnya.

BACA LAGI : Mampu Cegah Polarisasi dan Disintegrasi Bangsa, Partai Gelora Se Kalsel Dukung Prabowo Sebagai Capres 2024

TKD, sebut Umar, juga mengimbau kepada para caleg Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk selalu memasangan foto Paslon Prabowo–Gibran di setiap Alat Peraga Kampanyenya dan mensosialisasikan visi misi pasangan tersebut.

“Sesuai visi misi Paslon Prabowo-Gibran terkait pencegahan stunting, kami juga akan melakukan pembagian ribuan susu beserta makanan sehat bagi masyarakat kurang mampu yang dilakukan serentak di 13 kabupaten kota se-Kalsel,” pungkas Sulaiman Umar.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.