Desa Pimping Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana untuk Linmas

0

UNTUK meningkatkan peran linmas dalam menghadapi kebencanaan Pemerintah Desa Pimping, Kecamatan Lampihong menggelar kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bencana, Kamis (23/11/2023). BPBD Balangan dan Polsek Lampihong dalam kesempatan tersebut menjadi narasumber.

KABID Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Surya Dharma mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar anggota linmas desa mengetahui tugas dan fungsinya di desa, mempunyai skill dalam penanggulangan bencana, serta memiliki jiwa patriot terhadap NKRI.

Lebih lanjut ia mengharapkan, agar linmas desa setelah dilatih dapat mengaplikasikan hasil pelatihannya di desa, dan harapannya seluruh linmas mempunyai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

BACA : Inovasi Celengan Hadirkan Rangkuman Peristiwa Wisata Balangan

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi menambahkan, bahwa BPBD melalui TRC aktif melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan kepada linmas yang ada didesa.

“Pembinaan dan pelatihan bertujuan untuk melatih kesiapan dan keterampilan dalam menghadapi bencana, yaitu bencana banjir dan musibah kebakaran,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa selain materi sosialisasi, para linmas juga dilatih bagaimana menggunakan alat pemadam ringan (Apar).

BACA JUGA : Disuguhi Seni Kuntau Hingga Kuda Gepang, Mahasiswa Australia Kunjungi Pasar Budaya Racah Mampulang

Karena jika terjadi musibah kebakaran, linmas dapat bergerak cepat untuk kelokasi karena posisinya berada didesa, untuk itulah keberadaan linmas ini sangat membantu para damkar untuk memadamkan api.

Oleh karena itu, melalui kegiatan pembinaan linmas ini dapat membantu masyarakat dalam penanganan bencana.(jejakrekam)

Penulis MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.