Tingkatkan Roda Ekonomi, Bappedalitbang Balangan Launching Inovasi Belanja Cil

0

GUNA meningkatkan roda perekonomian di Kabupaten Balangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan launching inovasi Bela Pedagang dan Jasa Kecil (Belanja Cil) di Pasar Tradisional Paringin, Kamis (2/11/2023).

KEPALA Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni, bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Belanja Cil ini adalah untuk mengajak seluruh ASN dilingkup Bapeddalitbang untuk belanja di Balangan setiap satu bulan sekali.

“Ini merupakan langkah inovasi dari Bapeddalitbang guna menindak lanjuti arahan Bupati Balangan untuk penguatan ekonomi masyarakat melalui pengutan belanja,” katanya.

BACA : Bupati Balangan Apresiasi Inovasi Menyapa Ramah Milik RSUD Datu Kandang Haji Balangan

Ia juga menyebut untuk batasan awal minimal belanja para ASN adalah RP. 250.000 per orang dan untuk produk yang dibeli akan didata oleh pihak Bappedalitbang sehingga bisa terlihat keberpihakan ASN terhadap pedagang di Balangan.

“Kalau kami minimal mengupayakan nilai belanjanya adalah RP. 250.000 selebihnya bebas,” sebutnya.

Rakhmadi melanjutkan untuk inovasi Belanja Cil ini tidak untuk memberatkan para ASN akan tetapi hanya untuk mengarahkan mereka untuk berbelanja kebutuhan di Kabupaten Balangan.

“Maksud dari mengatur atau mengkoordinir belanja ini tidak menambah belanja mereka dan memang untuk belanja rutin, cuma hanya mengatur satuan waktunya saja,” lanjutnya.

BACA JUGA : Masuk Inovasi IGA 2023, Bupati Balangan Paparkan 2 Inovasi Unggulan

Rakhmadi pun berharap inovasi Belanja Cil ini bisa diikuti oleh SKPD lainnya dilingkup Pemerintah Kabupaten Balangan. Harapan nantinya semoga SKPD lain bisa mengikuti juga.

Terpisah, Syarkawi salah satu pedang di Pasar Paringin mengatakan bahwa inovasi Belanja Cil yang digelar oleh Bappedalitbang sangat disambut antusias oleh para pedagang. Kami tentunya sangat senang dan menyambut baik dengan inovasi ini.

Ia pun berharap kegiatan ini bisa terus berkesinambungan sebagai upaya pemerintah daerah dalam memajukan ekonomi pedagang. “Kita berharap sebagai warga Balangan, ataupun bekerja di Balangan ada beban moral untuk bagaimana meningkatkan geliat perekonomian di Kabupaten Balangan,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.