Gugah Kesadaran Politik, KPU Kalsel Gelar Nonbar Film Kejarlah Janji di Kampus ULM Banjarmasin

0

USAI keliling ke berbagai daerah dengan agenda memutar dan nonton bareng film garapan KPU RI berjudul ‘Kejarlah Janji’, kini para mahasiswa jadi target untuk melek politik.

USAI para santri putri Ponpes Darul Hijrah Martapura mendapat pendidikan politik dan sosialisasi Pemilu 2024, kini giliran mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Maklum saja, dalam Pemilu 2024 dari daftar pemilih tetap (DPT) di Kalimantan Selatan didominasi para pemilih milenial dan generasi Z. Jumlahnya mencapai 58,38 persen tersebar di 13 kabupaten/kota di Kalsel dari total pemilih mencapai 3 juta orang lebih.

Nonbar film berjudul yang disutradarai oleh Garin Nugroho, sang sutradara kawakan ini berisi pesan edukasi dan motivasi agar anak muda tergugah kesadaran politik menggunakan hak suara datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Film berdurasi 120 menit karya Garin Nugroho ini diproduksi KPU RI bersama Asta Jaya Centra Cinema, Padi Padi Creative, dan Garin Workshop, dengan produser Rina Damayanti, Marlia Nurdiyani, dan Susi Roseliawati.

BACA : Terdata 58,38 Persen, Pemilih Milenial dan Generasi Z Dominasi DPT Pemilu 2024 Kalsel

Skenario film ini ditulis oleh Alim Sudio serta dibintangi oleh Ibnu Jamil, Cut Mini, Shenina Cinnamon, Bima Zeno, Thomas Rian, dan Trio Timus: Tere, Achi, dan Vista.

Film ini diputar sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan politik bagi para pemilih khususnya generasi milenial sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-59 oleh KPU Kalsel di General Building Lecture Theater Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Sabtu (28/10/2023).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Provinsi Kalsel, Muhammad Fahmi Failasopa mengungkapkan film berjudul ‘Kejarlah Janji’ telah ditayangkan serentak di 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

BACA JUGA : Melek Politik Generasi Milenial, Ambin Demokrasi Dan BEM Gelar Dialog

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Muhammad Rusmin Nuryadi menekankan bahwa Pemilu 2024 adalah milik bersama yang harus diikuti dan diamankan bersama.

“Saya berharap kepada mahasiswa/mahasiswi yang berhadir untuk menyampaikan kepada yang lain agar bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024,” ucap Rusmin.

Usai penayangan film, Fahmi Failasopa dan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kalsel Arif Mukhyar memberikan kuis terkait kepemiluan. Termasuk, sosialisasi DPT dan daftar pemilih tambahan (DPTb).

“Kami mengimbau agar para mahasiswa dan mahasiswi berpartisipasi di hari pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang,” kata anggota KPU Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.