Pelajari Pengelolaan Media, Diskominfo Banjarbaru Kunjungi Pemkot Surabaya

0

DINAS Komunikasi dan Informatika (Diskominfo Banjarbaru bersama 34 awak media melaksanakan Press Tour atau kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, pada Selasa (24/10/2023) siang.

PERTEMUAN tersebut disambut langsung oleh Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) Dinas Kominfo Kota Surabaya, Indrianto Heryawan.

“Terimakasih atas kunjungannya dan selamat datang di Kota Surabaya. Untuk di Diskominfo Surabaya kami tidak hanya menyajikan informasi saja, tetapi menyajikan statistik juga. Dan itu bagian Portal Satu Data (PSD) sebagai pelaporan,” ucap Kabid IKPS Diskominfo Kota Surabaya, Indrianto Heryawan.

BACA : Tanggulangi Banjir Di Cempaka, Pemkot Banjarbaru Bangun Embung Di Gunung Kupang

Dalam sajian data tersebut, Indrianto menjelaskan sudah terintegrasi dalam pengolahan data, sehingga pelaporan hanya satu pintu saja. Sehingga, menurutnya kini Pemkot Surabaya telah benar-benar dalam mentransformasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Apalagi, Indrianto menyebut ada 25 akun media sosial (medsos) yang aktif dinaungi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jadi setiap hari itu, sebenarnya kami dibebani indeks kinerja. Operasional dalam pelaporan kinerja, setidaknya dalam sehari itu tiga rilisan yang diterbitkan. Dan kita juga menghimpun dari beberapa kelurahan/kecamatan di Surabaya,” ujarnya.

BACA JUGA : Pasang Harga 500 Ribu Sekali Kencan, 3 PSK Di Eks Pembatuan Diciduk Satpol PP

Indrianto juga menyebut jika wartawan dan media pers itu memiliki peranan penting, khususnya dalam hal penyampaian informasi ke masyarakat.

“Bagi kami, media itu punya peran penting. Apapun kegiatan atau program dari Pemerintah Kota Surabaya tersampaikan kepada publik atau masyarakat melalui media,” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Indrianto, pemerintah juga berperan menjembatani berbagai macam kebutuhan media dalam hal penyampaian informasi ke publik.

“Di satu sisi media juga butuh produk jurnalistik, yang memang informasi itu salah satunya bisa digali dari pemerintah melalui berbagai macam program kegiatan dari bidang, maupun dinas terkait,” imbuhnya.

BACA LAGI : Diskominfo Banjarbaru Bagikan Ribuan STB Gratis Untuk Masyarakat

Ia berharap, kedepannya sinergitas dengan media pers bisa selalu terjalin baik, guna kebutuhan penyampaian informasi ke masyarakat luas.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Banjarbaru, Asep Saputra mengucapkan tanda terima kasih telah disambut kedatangan para rekan media Banjarbaru.

Dalam kesempatan itu, dia ingin mendengar bagaimana manajemen Diskominfo dalam mengawal rekan media di Surabaya.

“Kami ingin mendengar dan bagaimana sih Kominfo Surabaya menjalankan ikatan kerjanya dengan media. Jadi tujuannya kita ingin mencari dan menggali informasi tentang kerjasama yang dilakukan mereka dengan media yang ada disini,” ujar Asep.

Asep menyatakan, dari hasil diskusi dengan Diskominfo Surabaya kali ini, banyak catatan penting yang diperoleh khususnya dalam hal pengelolaan media.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.