Aplikasi Siap Berserah Diri Permudah Sertifikasi Tanah Pemerintah Daerah

0

DINAS Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, melakukan sosialisasi inovasi Siap Berserah Diri kepada SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan, di ruang rapat Dinas PUPR Perkim, Paringin Selatan, Senin (23/10/2023).

INOVASI Siap Berserah Diri (Sistem Aplikasi Berkas Sertifikasi Tanah Mandiri) merupakan aksi perubahan dari Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup.

Kepala Bidang Pertanahan Kabupaten Balangan, Mochamad Rasyidan Razak, inovasi Siap Berserah Diri ini dibuat untuk mempercepat sertifikasi tanah milik pemerintah daerah.

BACA : Pertahankan Eksistensi Budaya Lokal, Pemdes Balida Gelar Festival Budaya

“Tujuannya untuk mempercepat sertifikasi tanah pemerintah daerah, karena saat ini masih banyak tanah Pemerintah Kabupaten Balangan yang belum selesai proses sertifikatnya,” terangnya.

Selanjutnya, salah satu kendala yang juga sering terjadi biasanya adalah keterlambatan dalam pembuatan berkas, oleh karena itu diharapkan melalui aplikasi ini pembuatan berkas pengajuan sertifikat bisa lebih mudah dan lebih cepat disampaikan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

BACA JUGA : Tingkatkan PAD, Pemkab Balangan Lakukan Kajian Pengembangan Ekraf

“Setelah adanya aplikasi ini bisa mempermudah dalam administrasi yaitu pembuatan berkas pengajuan sertifikatnya, tidak perlu lagi diedit secara manual cukup satu kali input dan didapatkan satu formulir berkas yang lengkap,” lanjutnya.

Terakhir Razak menyebut dalam sertifikasi ini SKPD selaku pengguna barang cukup dipermudah untuk pencapaian tanggung jawab dalam mengamankan aset tanahnya melalui sertifikat tanah.(jejakrekam)

Penulis Herry/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.