Dikerjakan 550 Relawan Menggunakan Restraning Box, Masjid Al Jihad Salurkan 8.300 Daging Kurban

0

HARI Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Setiap tahun Masjid Al Jihad Banjarmasin melaksanakan pemotongan hewan kurban dari jamaah yang jumlahnya cukup besar.

IDUL Adha 1444 Hijriah kali ini, masjid yang berada di kawasan Cempaka Besar Banjarmasin itu menyembelih 83 ekor sapi, ditambah 1 ekor sapi hasil dari penjualan kulit sapi, sementara jumlah daging qurban yang disalurkan kepada masyarakat sebanyak 8.300 kupon.

Pembina Yayasan Masjid Al Jihad H Taufik Hidayat menyampaikan, setiap satu ekor sapi bagikan 100 kupon. “Yang mendistribusikan kepada warga yang banyak dari pekurban, setiap pekurban dikasih 10 kupon. Artinya 1 sapi 70 kupon, sisanya 30 kupon pihak masjid yang mendistribusikan kepada masyarakat di lingkungan Masjid Al Jihad,” jelasnya.

“Pemotongan dimulai dari jam 6:30 WITA dan selesai sebelum Shalat Dzuhur, kemudian pendistribusian selesai setelah Shalat Ashar,” ucapnya, Kamis (29/6/2023).

BACA: 8 Ribu Lebih Kupon Daging Kurban Dibagikan Masjid Al Jihad Banjarmasin

H Taufik menambahkan, pihaknya sengaja membatasi jumlah sapi yakni hanya 83 ekor, karena harus menjaga kualitas pelayanan kepada pekurban, bahkan satu bulan sebelum Hari Raya Idul Adha sudah tidak menerima pekurban, meskipun banyak yang meminta.

“Untuk mempercepat penyembelihan hewan kurban kami menggunakan dua alat restraning box, dimana satu hewan kurban hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk melakukan pemotongan hewan kurban,” tandasnya.

Sementara itu, ada 550 orang relawan yang merupakan jamaah Masjid Al Jihad untuk membantu proses pengulitan, dan mengeluarkan isi dalam perut hewan. Daging kemudian dipotong sebesar gempal tangan, lalu ditimbang untuk dibagikan.

“Sapi kita lumayan besar dan harga untuk pekurban bervariasi, dari Rp 2,7 juta hingga RP 2,9 juta, dan 1 sapi kita kenakan biaya operasional sebesar Rp 1 juta,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.