Edukasi Penyusunan RPJMDes, 20 Desa Diberi Bimbingan Teknis di Satui

0

PEMAHAMAN dan pematangan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) dibutuhkan, dalam upaya mengoptimalkan pembangunan di tingkat desa.

DASAR itulah, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Tanah Bumbu menyadari betapa pentingnya perencanaan yang matang dan terstruktur. Sehingga menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) RPJMDesa se-Kecamatan Satui.

BACA JUGA: Tanbu Raih Juara Inovasi Teknologi Tepat Guna

Bimtek berlangsung selama 2 hari dari 30 Mei hingga 31 Mei 2023. Bimtek diikuti 20 Desa yang baru menyelesaikan Pilkades Gelombang pertama tahun 2023.

“Kegiatan dilaksanakan di Kantor Desa Sinar Bulan, di ikuti 53 perangkat desa,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanah Bumbu, Samsir, SE, MAP, Selasa (30/5/2023).

Dijelaskan Samsir, RPJMDesa adalah dokumen yang menggambarkan arah dan kebijakan pembangunan desa dalam jangka waktu tertentu.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Hadiri Silaturahmi dan Rakor Forum RT se-Tanbu

“Melalui RPJMDesa yang baik, desa dapat mengidentifikasi potensi dan masalah yang ada, serta menetapkan prioritas pembangunan yang tepat,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, RPJMDesa juga membantu dalam alokasi sumber daya yang efektif dan efisien serta memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

“Bimtek penyusunan RPJMDesa dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, melibatkan para tenaga ahli kabupaten dan Dinas PMD Tanah Bumbu,” lanjutnya.

BACA JUGA: Jajaran Pemkab Tanbu Gotong Royong Persiapkan Pelaksanaan Expo Pembangunan

Peserta bakal diberikan pemahaman dan keterampilan tahapan-tahapan penyusunan RPJMDesa. Mulai dari pengumpulan data, analisis kebutuhan, perumusan visi dan misi, hingga penetapan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Bimtek Penyusunan RPJMDesa ini penting dalam menciptakan desa yang mandiri, berkelanjutan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Ia menjelaskan, “RPJMDesa menjadi landasan bagi semua program pembangunan yang akan dilaksanakan di tingkat Desa.

BACA JUGA: Tim Penilai Provinsi Nilai 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tanbu

“Dengan melibatkan semua pihak terkait dan mendapatkan pemahaman yang baik tentang perencanaan, desa dapat mengarahkan pembangunan menuju tujuan yang diharapkan,” tukasnya.

Selain itu, bimbingan teknis ini juga membimbing Tim Penyusunan RPJMDes agar menyusun Rencana pembangunan Desa dalam jangka menengah yang selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.