Bupati Zairullah Hadiri Silaturahmi dan Rakor Forum RT se-Tanbu

0

BUPATI Tanbu HM Zairullah Azhar menilai posisi Ketua Rukun Tetangga (RT) sangat penting untuk menampung aspirasi warga.

IA menilai Kepala Desa memiliki keterbatasan untuk menjangkau semua warga karena wilayah yang cukup luas, tapi dengan dukungan Ketua-ketua RT maka semakin mudahkan mengetahui persoalan-persoalan warga.

“Jadi tugas bapak ibu Ketua RT tentu akan sangat mulia,” ucap Zairullah Azhar dihadapan Ketua-ketua RT yang hadir dalam Forum Ketua RT di kantor Kecamatan Batulicin, Senin (22/5/2023).

BACA JUGA: Tanbu Raih Juara Inovasi Teknologi Tepat Guna

Sebab itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar akan menaikkan insentif Ketua RT dari Rp 1.000.000 menjadi Rp 1.500.000 pada tahun 2024.

“Rencana ke depan akan dinaikkan Rp 1.500.000. mungkin dana ini tidak cukup, tapi doakan. Karna kalau usulan kita diterima oleh pusat, tentu secara legalitas, lebih mudah dinaikkan,” sebutnya.

Ia pun menyebutkan bahwa sebenarnya insentif Rp 1.000.000 perbulan bagi Ketua RT merupakan insentif tertinggi di Kalimantan Selatan.

“Untuk di Kalsel, kita yang tertinggi loh,” ucap Zairullah Azhar, didampingi Anggota DPRD, Kepala SKPD, Tim percepatan Pembangunan Daerah, dan Camat Batulicin.

BACA JUGA: Pameran Pembangunan Tanbu Jadi Ajang Peningkatan Ekonomi UMKM

Sehingga dengan insentif ini, diharapkan Ketua RT bisa mengimbangi dengan kinerja yang lebih baik.

Paling tidak katanya, bisa mendata orang-orang miskin ekstrem, anak yatim, orang tua jompo, dan sebagainya. “Kalau ada masyarakat yang tidak makan di rumahnya, itu berdosa Bupati. Tapi sebelum berdosa Bupati, RT dulu yang berdosa,” katanya.

Karena Ketua RT tidak menyampaikan laporan. Oleh karena itu, ia meminta Ketua RT mendata dengan benar dan menyampaikan kepada Kepala Desa, Camat, atau Kepala Dinas.

BACA JUGA: Jajaran Pemkab Tanbu Gotong Royong Persiapkan Pelaksanaan Expo Pembangunan

Ia berharap tak ada lagi warga Tanah Bumbu yang kelaparan, kalau pun membutuhkan kebutuhan pokok seperti beras, bisa datang ke kediamannya di Desa Bersujud.

Zairullah Azhar menceritakan, di zaman khalifah Umar bin Khattab dan Umar bin Abdul Aziz, sebelum mereka tidur, mereka berkeliling dulu mendatangi rumah-rumah warga.

Mengontrol keadaan masyarakat untuk mengetahui kondisi warga apakah ada warga yang sakit, kelaparan, atau membutuhkan bantuan.

BACA JUGA: Tim Penilai Provinsi Nilai 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tanbu

Hari ini, Selasa (23/5/2023), Zairullah Azhar akan menghadiri Forum RT di kecamatan Satui, Angsana, Sungai Loban, Kuranji, Teluk Kepayang, dan Kusan Hulu. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.