Kaji Mekanisme Pembahasan LKPj DPRD DKI Jakarta, Pansus IV DPRD Kalsel Fokus Hasilkan Rekomendasi Konstruktif

0

TAK ingin pembahasan LKPj Kepala Daerah Tahun 2022 hanya sekedar agenda seremonial, Pansus IV DPRD Kalsel akukan sharing komparasi ke DPRD DKI Jakarta untuk memperdalam mekanisme pembahasan LKPj agar hasil keputusan DPRD nanti bisa menjadi masukan yang konstruktif untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan.

ROMBONGAN dewan ‘Rumah Banjar’ diterima Hj. Nurbaini, Kepala Subbagian Paripurna, Fraksi dan Pansus Sekretariat DPRD DKI di Ruang Komisi D, Kamis (6/4). Nurbaini menjelaskan, pembahasan LKPj di DPRD DKI dilakukan mengikuti mekanisme Tata Tertib DPRD DKI.

“Di DKI pembahasan LKPj tidak dibahas di forum pansus, langsung di komisi. Prosesnya nanti setelah di komisi, nanti di Banggar, setelah di Banggar, Rapim, baru kita sampaikan di paripurna, rekomendasi LKPj dari DPRD tersebut,” terangnya.

BACA : Sambangi Jatim, DPRD Kalsel Gali Informasi Terkait LKPj Kepala Daerah TA 2022

Menanggapi itu Ketua Pansus IV, HM Lutfi Saifuddin, mengatakan mekanisme tersebut tidak jauh berbeda dengan yang selama ini telah dijalankan DPRD Kalsel.

“Hanya ada sedikit perbedaan, kalau di DKI dibahas komisi, kalau kita kan dibentuk sebuah pansus. Perbedaannya hanya disitu saja, nomenklaturnya berbeda, tapi sistem, cara dan bagaimana nanti rekomendasi dikeluarkan itu sama dengan kita,” jelasnya.

Sementara itu terkait dengan isi rekomendasi, Lutfi menjelaskan bahwa persis seperti DPRD DKI Jakarta, DPRD Kalsel juga selalu berusaha untuk mengedepankan objektifitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam membuat keputusan dewan terkait LKPj kepala daerah.

BACA JUGA :  Ditarget Rampung Bulan Depan, RTRWP Kalsel 2023-2042 Masih Dibahas Lintas Sektor

“Intinya kita mengevaluasi apa-apa saja yang sudah dilaksanakan terhadap rekomendasi tahun lalu, dan kemungkinan juga akan kita tambahkan dengan rekomendasi yang up to date yang kita rasa perlu kita tambahkan di hasil rekomendasi pansus,” tuturnya.

Harapan Lutfi LKPj ini bisa diparipurnakan di bulan depan, oleh karena itu, Pansus IV akan segera menggelar rapat bersama seluruh SKPD mitra kerja.

“Nanti kita akan membahas sama-sama dari rekomendasi tahun lalu itu kenapa kalau ada hal-hal yang belum dikerjakan, kita akan konsultasi bersama, kita bahas bersama kira-kira kendalanya dimana, sehingga kita bisa mencarikan solusinya melalui kebijakan yang nanti akan kita sampaikan melalui sebuah rekomendasi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.