Gubernur Kalsel Anggarkan Rp 11,5 Miliar Perbaiki Jalan Di Kabupaten Balangan

0

KOMITMEN terhadap pembangunan infrastruktur di Banua, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor telah menyiapkan perbaikan atau rehabilitasi jalan provinsi, yang ada di Kabupaten Balangan pada tahun 2023 ini, dengan anggaran total sebesar Rp 11.547.040.000.

BESARAN anggaran dan pengerjaan ini pun sekaligus membantah berbagai rumor yang menyebut rehabilitasi jalan di Kabupaten Balangan tidak diperhatikan.

Ada 2 paket pekerjaan rehabilitasi ruas jalan yang telah dianggarkan melalui Dinas PUPR Provinsi Kalsel. Yakni, paket rehabilitasi pada ruas Jalan Lampihong-Paringin, dan satu lagi paket perbaikan Jalan Paringin–Halong.

BACA: Sambangi Rumah Banjar, DPRD Balangan Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur di Bumi Sanggam

“Insya Allah, tahun 2023 ini proses pengerjaan bisa dilakukan. Ada 2 paket pengerjaan. Jalan Lampihong-Paringin dan Jalan Paringin-Halong,” ujar Ahmad Solhan, Kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Kalsel, Kamis (6/4/2023).

Disampaikan Solhan, untuk rehabilitasi jalan Lampihong-Paringin, pagu anggaran dari Pemprov Kalsel sebesar Rp 2.773.520.000 dan saat ini sudah dalam proses kontrak yang dimenangkan oleh PT Cahaya Sambang Sejahtera dengan kontrak sebesar Rp 2.636.444.800.

Sedangkan untuk Jalan Paringin-Halong, APBD Pemprov telah dianggarkan dengan pagu Rp 8.773.520.000 dan saat ini dalam persiapan lelang atau purchase e-katalog.

BACA JUGA: DPRD Kalsel Sampaikan Ribuan Pokir, Sekdaprov : Kita Liat Kondisi Keuangan Daerah

Solhan menjelaskan, Pemprov Kalsel selalu menganggarkan dana untuk pembangunan dan pemeliharaan Jalan Provinsi di Kabupaten Balangan melalui Dinas PUPR Kalsel. Sehingga, jelas bahwa anggapan Pemprov Kalsel tidak menganggarkan untuk pemeliharaan jalan provinsi di Kabupaten Balangan, seperti yg di sampaikan oleh Bupati Balangan itu tidak mendasar.

“Setiap tahun Dinas PUPR Provinsi selalu berkoordinasi dgn Dinas PUPR Kabupaten Balangan dalam menyinkronkan kegiatan di dua wilayah Kabupaten Balangan dan Provinsi. Setiap tahun juga kawan-kawann DPRD Kabupaten Balangan juga selalu koordinasi dengan Dinas PUPR Kalsel dalam berkoordinasi kegiatan pembanguan dan pemeliharaan jalan. Hal ini menunjukkan antara Provinsi Kalsel dan Kabupaten Balangan sudah sinkron dalam pengawasan kegiatan pembangunan dan pemeliharaan jalan provinsi,” jelasnya.

Solhan juga menyampaikan, tidak memungkiri jalan provinsi selama ini sangat membantu masyarakat yang termasuk menjadi lalu lintas angkutan tambang dan angkutan berat yang melintas di jalan provinsi. Tapi untuk menjaga pemeliharaan jalan tersebut, alangkah eloknya jika tidak selalu diserahkan sepenuhnya ke Pemprov Kalsel saja, namun juga Kabupaten Balangan dan Balai Jalan Nasional juga ada ikut andil, sehingga bisa sama-sama menjaga dan mengawasi jalan provinsi ini.

“Sebanyak apapun dana yang dianggarkan untuk pemeliharaan jalan provinsi, tapi tidak kita jaga dan awasi bersama sama, maka akan sangat sia-sia yang selama ini Pemprov Kalsel melakukan pemeliharaan,” terang Solhan.

BACA LAGI: Pembangunan Infrastruktur Jadi Mayoritas Usulan Warga Kecamatan Batumandi di Musrenbang

Solhan mengungkapkan, sebagaimana komitmen dan arahan gubernur, perbaikan-perbaikan jalan provinsi di seluruh kabupaten/kota se-Kalsel menjadi perhatian. Pun begitu, untuk jalan di kabupaten/kota lain akan dilakukan secara bergantian dan bertahap.

Solhan juga menyampaikan, upaya Pemprov Kalsel dalam perbaikan jalan milik provinsi ini pun sesuai sebagaimana visi Kalimantan Selatan Maju (Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan) sebagai Gerbang Ibukota Negara, yang mana salah satu misinya adalah memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian.

Selain itu, apabila insfrastruktur jalan baik, tentu sebagaimana misi Kalsel Maju, nantinya akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata.

“Kita berharap, upaya-upaya perbaikan ruas jalan yang dilakukan Pemprov Kalsel ini akan memudahkan akses transportasi, memudahkan pergerakan lalu lintas angkutan barang kebutuhan yang ujungnya tentu untuk kesejahteraan warga Banua,” terang Solhan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.