Tak Dipungut Biaya, Stand Pasar Ramadhan di Balangan Juga Diikuti Puluhan UMKM  

0

SEBANYAK 105 pedagang menghiasi Pasar Ramadhan yang diadakan secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, di kawasan Lapangan Marthasura dan Pasar Modern Adaro Balangan.

“KAMIS sendiri telah menyediakan sebanyak 25 tenda untuk para UMKM berjualan di Pasar Ramadhan tahun ini, yang mana tersedia sebanyak 105 pedagang,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Balangan Akhriani di Paringin, Kamis (23/3/2023).

Akhriani menuturkan, kegiatan Pasar Ramadhan ini pertama kali digelar oleh Pemkab Balangan di luar kawasan Terminal Paringin karena sesuai dengan permintaan kepala daerah dan pihak lainnya.

BACA : Pasar Ramadhan, Bupati Balangan Berharap Jadi Sentra Ekonomi Masyarakat

Menurut Akhriani, kegiatan Pasar Ramadan kali ini sangat menarik karena terdapat beberapa SKPD dan lintas vertikal yang turut serta, yaitu untuk tenda dan acara seremonial disediakan Disporapar Balangan.

Sementara para pedagang sendiri diatur Dinas Perdagangan Balangan, dan menyangkut kegiatan pengamanan serta parkir diatur oleh Dinas Perhubungan dan TNI/Polri.

“Perlu diketahui semua tenda yang kami sediakan kepada para UMKM ini gratis tidak dipungut biaya sama sekali, karena kami tidak mau membebani para pelaku UMKM,” tuturnya.

Bupati Balangan Abdul Hadi, mengatakan Pasar Ramadhan sendiri dilaksanakan di kawasan Lapangan Marthasura karena untuk menghidupkan suasana Pasar Tradisional dan Pasar Modern Adaro.

BACA JUGA :  SSB Mantimin Putera Club Gelar Turnamen Sepak Bola Mini, Bupati Balangan Berikan Dukungan

Abdul Hadi mengungkapkan, karena di tengah kondisi ekonomi warga masyarakat Balangan sendiri yang bergantung pada karet dan otomatis transaksi jual beli pun bergantung pada hasil karet, kalau karet turun masyarakat jadi lesu.

“Pasar Ramadhan kali ini kami harap dapat memacu pertumbuhan para UMKM kita, karena banyak sekali para ibu-ibu yang menyediakan segala jenis kue untuk dijual kepada pembeli,” ujarnya.

Bupati juga berharap kegiatan Pasar Ramadhan ini terkendali, tertib, aman dan dapat memberikan berkah kepada semua masyarakat Kabupaten Balangan pada umumnya.(jejakrekam)

Penulis Herry/InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.