Ramadhan 1444 H, Pasar Wadai Banjarmasin Kembali Hadirkan Makanan Khas Dan Inovasi Dalam Berbelanja

0

RESMI dibuka oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, pasar wadai Kota Banjarmasin di kawasan Siring Menara Pandang diserbu warga.

ADA yang menarik dari gelaran pasar wadai Ramadhan tahun ini, dimana ada dua pasar wadai yang buka selama bulan Ramadhan di Kota Banjarmasin.

Satu diselenggarakan oleh Pemkot Banjarmasin di Menara Pandang, satunya lagi diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel di kawasan Siring 0 Kilometer. Kedua pasar ini hanya terpisahkan oleh Sungai Martapura.

BACA: Paguyuban Pasar Wadai Ramadhan Binaan Pemkot Banjarmasin Pecah Kongsi

Untuk pasar wadai Pemkot Banjarmasin sendiri dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, dimana ada 152 stand yang menjajakan bermacam makanan untuk dinikmati oleh warga Banjarmasin.

Ibnu Sina berharap gelaran pasar wadai yang telah lama ada di Banjarmasin ini disamping memeriahkan bulan Ramadhan juga bisa menjadi sarana wisata khas Banjarmasin.

“Mengingat pasar wadai ini memiliki sejarah yang sangat lama, sudah lebih dari 30 tahun diselenggarakan setiap bulan Ramadhan,” ucapnya, Kamis (23/3/2023).

BACA JUGA: Ada di Siring Nol Kilometer dan Menara Pandang, Pemprov Kalsel dan Pemkot Banjarmasin Bersaing

Pasar wadai ini juga menjadi waktu dimana semua jenis makanan khas Banjar dapat dengan mudah ditemui oleh masyarakat, serta juga hanya ada beberapa wadai banjar yang hanya muncul saat pasar wadai ini.

“41 macam wadai khas banjar ini bahkan tidak selalu tersedia, namun di pasar wadai ini hampir semua keluar,” ujarnya.

Ia juga berharap kedepannya pasar wadai ini bisa terus berkembang dan menjadi lebih baik tiap tahunnya. “Oleh karena itu dinas bisa memberikan pembinaan lebih lagi kepada para pedagang, bukan hanya yang ada dalam paguyuban namun juga para UMKM lainnya yang ada di bawah binaan,” tuturnya.

BACA LAGI: Catat Tahun Ini! Pasar Wadai Ramadhan 1444 H Berlokasi di Kawasan Menara Pandang

Selain itu ada hal menarik lainnya di pasar wadai Banjarmasin kali ini, di samping memakai lokasi yang baru, pasar wadai tahun ini juga bekerja sama dengan Bank Kalsel untuk mempromosikan QRIS dalam rangka membuat inovasi baru dalam berbelanja.

“Jadi setiap harinya akan ada 8 stand terpilih yang di mana jika masyarakat berbelanja di sana menggunakan QRIS berapapun harga makanannya, mereka hanya akan membayar Rp 59,” jelasnya.

Lalu juga hadir stand dari PKK yang memberikan edukasi terkait 41 macam wadai khas Banjar kepada para pengunjung Pasar Wadai Ramadhan Kota Banjarmasin.

“Jadi kepada para warga silahkan datang dan dinikmati, kapan lagi sambil ngabuburit berbelanja makanan bisa menikmati pemandangan sungai,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.