Catat Tahun Ini! Pasar Wadai Ramadhan 1444 H Berlokasi di Kawasan Menara Pandang

0

MESKI sempat dihelat di Lapangan Kamboja, Jalan Adenansi secara terbatas, usai berpindah tempat dari Jalan Sudirman-Lambung Mangkurat, depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin ke Jalan RE Martadinata, Balai Kota, kini Pasar Wadai Ramadhan 1444 H/2023 akan digelar lagi.

PERPINDAHAN lokasi ini juga dampak dari pandemi Covid-19, bahkan sempat ditiadakan pada 2020 dan 2021 demi menghindari adanya kerumuhan massa terjangkit virus diganti dengan pasar wadai online. Kini, Pemkot Banjarmasin sudah merancang lokasi Pasar Wadai Ramadhan 1444 H berlokasi di kawasan Siring Tendean, tepatnya di Menara Pandang.

Keputusan ini diambil dalam rapat yang dipimpin Wakil Walikota, Arifin Noor di Aula Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Senin (13/2/2023).

BACA : Masuki Tahun Ketiga, Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin 2022 Kembali Ditiadakan

“Tahun ini, Pasar Wadai Ramadhan 1444 H/2023 M direncanakan di kawasan Siring Tendean, tepatnya di kawasan Menara Pandang,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Iwan Fitriady kepada awak media, saat meninjau lokasi pasar wadai, Senin (13/2/2023).

Menurut dia, lokasi di kawasan Menara Pandang sangat ideal, karena tersedia area parkir serta lapang sehingga bisa menampung 160 stand (kios) dari paguyuban pasar wadai.

BACA JUGA : Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin Digelar Daring, Pedagang Akui Kesulitan Jajakan Dagangan

“Kawasan Menara Pandang juga merupakan destinasi wisata, sehingga kita akan benahi dulu bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait,” ucap Iwan.

Dia memastikan space pasar wadai juga bisa memberi ruang bagi para pedagang kaki lima (PKL). “Tempat untuk para PKL akan kami pikirkan, apakah akan tersedia atau tidak, ya kita lihat kondisi ke depan,” ucap Iwan.

BACA JUGA : Dibayangi Pandemi, Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin Tak Dihelat Lagi

Wakil Walikota Arifin Noor pun menegaskan lokasi di kawasan Menara Pandang sangat layak untuk Pasar Wadai Ramadhan 1444 H. “Selain masyarakat yang datang bisa berbelanja juga sekaligus menikmati wisata susur sungai, selepas berbuka puasa,” tutur mantan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin ini.

Berdasar amatan di lapangan, Arifin menyebut lokasi pasar wadai bisa berada di depan Menara Pandang hingga dermaga kelotok wisata, seberang Indomaret, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.