Tanah Bumbu Gelar Workshop Penulisan Sastra

0

DINAS Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporpar) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar peningkatan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia kesenian tradisional .

MELALUI kegiatan workshop penulisan sastra puisi bagi pelajar, guru, dan masyarakat umum, terlaksana di ruang studio mini Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Tanbu.

Kepala Disbudporpar Hamaluddin Tahir diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Muhammad Rapie menyebutkan, tujuan workshop penulisan sastra dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Bumbu, khusus di bidang sastra.

BACA JUGA: Bupati Tanbu Berikan Penghargaan Kepatuhan Publik ke Jajaran SKPD

Menurutnya, peningkatan kualitas SDM merupakan bagian mendukung visi misi daerah dalam mewujudkan sumber daya manusia berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia. “Jadi mendukung pula Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah,” tandasnya. 

Ia berharap, kegiatan dapat meningkatkan pengetahuan tentang sastra. “Dengan adanya peserta dari tenaga pendidik, mereka bisa membagikan ilmu yang didapatkan kepada anak didiknya. Jadi, sastra di Tanah Bumbu bisa berkembang lagi,” kata Rapie.

Kepada pelajar yang berhadir, pesan Rapie, agar tetap kembangkan ilmu penulisan sastra yang diperoleh dari workshop ini. “Sebagai anak muda harus terus berkarya dan merawat ilmu sastra yang sudah diajarkan,” tambahnya.

BACA JUGA: Bupati Tanbu Buka Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023 Secara Virtual

Narasumber yang hadir, yaitu dua sastrawan ternama, seperti Syamsudin (Ali Arsy) dan Sudakoh sastrawan senior dari Tanah Bumbu.

Pada akhir acara, semua peserta dibagi ke dalam tiga kelompok. Setiap kelompok bergantian menampilkan pertunjukan pembacaan puisi secara bergantian.

Penampilan itu menjadi rangkaian penutup Workshop Penulisan Sastra dari Disbudporpar. Workshop diikuti 32 peserta digelar selama dua hari, yakni dari tanggal 9 – 10 Maret 2023. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.