Libatkan 3 Pilar, Musrebang RKPD Pemkab Barito Utara Tahun 2024 Utamakan Partisipasi Publik

0

USAI dibahas secara berjenjang, akhirnya usulan dari berbagai masyarakat digodok dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemkab Barito Utara.

MUSRENBANG Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2023 dibuka Wakil Bupati Sugianto Panala Putra di Aula Bappeda Litbang Barito Utara di Muara Teweh, Selasa (14/3/2023).

Melibatkan banyak pihak, unsur dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), pemangku kepentingan serta perwakilan swasta diundang dalam membahas rencana kerja pemerintah daerah.

“Musrenbang rencana kegiatan pembangunan daerah merupakan tahapan pembangunan dengan pendekatan partisifatif. Yakni, dilaksanakan secara kolaboratif antar tiga pilar, yaitu pemerintah daerah, masyarakat dan swasta atau dunia usaha,” ucap Wabup Barito Utara Sugianto Panala Putra, saat membuka acara musrenbang.

BACA : Susun Rancangan Awal RKPD Tahun 2024, Pemkab Barito Utara Gelar Konsultasi Publik

Dia menekankan momentun penting dalam musrenbang itu adalah menampung gagasan dan aspirasi pelaku pembangunan untuk diintegrasikan ke dalam berbagai bidang urusan pemerintah wajib maupun pilihan peserta  yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral.

“Hasil musrenbang ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi semua dalam merumuskan dan menyempurnakan rancangan tersebut,” kata mantan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara.

Masih kata Sugianto Panala Putra, hasil musrebang akan jadi acuan guna menyusun kebijakan umum anggaran tahun 2024, serta prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) APBD Barito Utara.

BACA JUGA Wabup Barito Utara Minta Musrenbang Kecamatan Diintegrasikan dengan Program Kerja Pemda

“Pemerintah daerah menyadari bahwa kualitas dan keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kinerja pembangunan. Betapa pentingnya kualitas perencanaan yang menentukan bagaimana tingkat keberhasilan capaian kinerja pembangunan daerah,” beber Sugianto.

Dia menjelaskan Musrenbang  RKPD Kabupaten  Barito Utara ini telah diawali dengan kegiatan mulai tingkat desa, kecamatan, konsultasi publik dan forum gabungan yang melibatkan segenap stakeholders pembangunan. Hal itu mencerminkan bahwa mekanisme dalam perencanaan telah berusaha mengedepankan prinsip yang partisipatif publik.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.