Pelaku UMKM Harus Naik Kelas, Pemprov Kalsel Siapkan Pelatihan Pengembangan Usaha

0

PELAKU usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kalimantan Selatan didorong untuk bisa naik kelas melalui pelatihan dan peningkatan daya saing serta penguatan promosi dan pemasaran.

PESAN ini disampaikan Gubernur Sahbirin Noor dibacakan  Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dalam kegiatan Fun Walk dan UMKM Expo gelaran Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Provinsi Kalselteng di halaman Gubernuran Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, Sabtu (4/3/2023).

“Banyak tantangan yang dihadapi pelaku usaha untuk mencapai hal itu. Penting sekali dalam mendorong kemampuan para pelaku usaha beradaptasi dengan teknologi digital (digitalisasi),” ucap Paman Birin, sapaan akrabnya.

Untuk itu, Paman Birin memastikan Pemprov Kalsel akan menyediakan pelatihan bagi pelaku UMKM. Apresiasi juga diberikan Paman Brin kepada DJP Kalsel karena turut berkontribusi dalam pengembangan UMKM.

“Kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai pulih, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai momentum memudahkan pelaku UMKM menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya seperti dalam ekspo. Hal ini penting untuk pengenalan berbagai produk,” ucap Paman Birin.

Pada acara Fun Walk dan UMKM Expo 2023 itu dimulai dengan pemasangan pin Gerakan BEBAS (Bergerak Bersama IntegritAS) dan pengibaran bendera star tanda dimulainya acara dalam rangka memperingati Hari Bhakti Perbendaharaan ke-19 tahun 2023 tersebut.

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Bakeuda Kalsel, Subhan Nur Yaumil, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Gusti Yanuar Rifai pun turut berjalan santai mengitari kawasan Siring Nol Kilometer dan Siring Piere Tendean Banjarmasin dengan sejumlah pejabat DJP Wilayah Kalsel hingga kembaki ke area UMKM Expo.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Kalsel, Sulaimansyah dalam laporannya menyebut, Fun Walk dan UMKM Expo merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Perbendaharaan 2023 yang melibatkan para pelaku usaha di daerah, sesuai tugas DJP Wilayah Kalsel di bidang perekonomian yakni sebagai Regional Chief Economist.

Puncak Hari Bakti Perbendaharaan diperingati setiap tanggal 14 Februari yang tahun ini dilaksanakan secara hybrid pada Rabu (18/01/23) di Gedung Pusat Studi dan Kajian Perbendaharaan Negara KPPN Malang.(jejakrekam) 

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.