Pilih Undur dari Calon ‘Senator’ DPD RI, Hasnur Dijamin Golkar Maju Caleg DPR dan Pilgub Kalsel

0

MANUVER politik Hasnuryadi Sulaiman dengan maju mencalon sebagai kandidat ‘senator’ di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, ternyata sukses membetot atensi elite Partai Golkar.

MESKI di atas kertas, putra tokoh Banua almarhum H Abdussamad Sulaiman HB ini sudah melaju ke tahapan verifikasi faktual (verfak) DPD RI. Sebab, Hasnur-sapaan akrab politisi beringin ini bermodal 2.505 dukungan tersebar minimal di 7 dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel, sudah dipenuhinya.

Ternyata, anggota VII DPR RI dari Fraksi Golkar ini menyatakan memilih mengundurkan diri dari pencalonan DPD RI. Ini setelah, Hasnur telah bersua dengan elite Partai Golkar Kalsel.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK mengatakan sudah menghelat rapat di tingkat pimpinan, hingga memutuskan Hasnuryadi Sulaiman untuk kembali ke pengakuan beringin.

Kompensasinya, Hasnur yang pernah menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kalsel dijanjikan bisa kembali mencalon legislatif di Pemilu 2024, khususnya kursi DPR RI. Opsi kedua, Golkar siap mengusungnya sebagai calon kepala daerah untuk even pilkada serentak 2024 mendatang.

BACA : Mencalon DPD RI di Pemilu 2024, Hasnuryadi Sulaiman Berkolaborasi dengan Partai Perindo Kalsel?

“Jadi, Partai Golkar sudah memastikan mencalonkan Hasnur baik di legislatif maupun eksekutif. Yakni, maju di Pemilu 2024 di daerah pemilihan (dapil) DPR RI dapil 2 (Banjarmasin, Tanah Laut, Banjarbaru, Tanah Bumbu, dan Kotabaru),” tutur Supian HK dalam keterangannya, Jumat (10/2/2023).

Ketua DPRD Kalsel ini mengungkapkan bahwa Paman Birin (Gubenur sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kalsel) telah berkomunikasi dengan Hasnur. “Beliau (Hasnur) siap maju baik di pileg maupun pilkada. Yang pasti, untuk di dapil Kalsel 2, nomor urut 1 caleg Golkar,” kata Supian.

BACA JUGA : Kalsel Terbanyak Kedua Kursi DPR Di Kalimantan, Ini Alokasi Kursi Dan Pembagian Dapil Di Pemilu 2024

Dasar pertimbangan beringin, karena Hasnur sudah dua periode meraih kursi DPR RI Senayan Jakarta. Pada Pemilu 2019, Hasnur bisa merebut 72.550 suara di dapil Kalsel 2. Sementara pada Pemilu 2014 silam, putra Haji Leman-sapaan akrab Abdussamad Sulaiman HB bisa mengoleksi 82.130 suara sah, hingga bisa melenggang ke Senayan Jakarta, duduk di Komisi XI DPR RI mewakili Golkar.

“Dari pengalaman itu, Hasnur sudah dua periode di DPR RI, jadi Golkar tetap mempertahankannya (mencalon di DPR RI),” tegas Supian.

BACA JUGA : 12 Balon DPD Lulus Verifikasi Administrasi, KPU Kalsel Beri Waktu 1 Pelamar Ajukan Keberatan Ke Bawaslu

Mendapat sokongan Golkar, angin politik pun berubah. Hasnur pun menyatakan sebagai kader beringin siap untuk menaati perintah partai.

“Saya siap dan mengucapkan terima kasih kepada elemen partai baik di tingkat pusat (DPP) hingga provinsi (DPD Partai Golkar Kalsel). Ucapan terima kasih kepada Paman Birin dan Sekretaris Golkar H Supian untuk memberi kesempatan kepada saya maju mencalon kembali di DPR RI dapil Kalsel 2,” kata Hasnur, Sabtu (11/2/2023).

BACA JUGA : Hasnur Instruksikan Kader Pemuda Pancasila untuk Bersatu Menangkan Paman Birin

Dia memastikan akan segera mengajukan pengunduran diri sebagai bakal DPD RI ke KPU Kalsel. “Saya akan segera fokus untuk pemenangan Partai Golkar di Pemilu 2024. Saya dapat perintah itu,” kata mantan Ketua Umum DPD MKGR Kalsel ini.

Mengenai pencalonan dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalsel, Hasnur menyatakan kesiapannya. Namun, Hasnur mengatakan masih menunggu petunjuk yang jelas untuk menentukan arah politiknya. “Jika memang itu perintah dari partai agar saya mencalon di Pilgub Kalsel, insya Allah saya sangat siap,” imbuh Hasnur.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/12/pilih-undur-dari-calon-senator-dpd-ri-hasnur-dijamin-golkar-maju-caleg-dpr-dan-pilgub-kalsel/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.