Dilakukan Bertahap, Pemkab Balangan Gratiskan Pemasangan PDAM untuk Masyarakat

0

PEMERINTAH Kabupaten Balangan menggratiskan pemasangan sumber air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kepada warga masyarakat sebanyak seribu rumah secara bertahap selama tahun 2023.

“PADA tahap awal ini pemerintah daerah membuka program pemasangan sambungan rumah gratis tahun 2023 bagi warga yang belum terlayani air PDAM Balangan,” kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Rabu.

Abdul Hadi berharap, melalui pemasangan sambungan gratis warga masyarakat dapat menikmati air bersih dari PDAM serta ia harap masyarakat juga punya kewajiban yaitu membayar pemakaian air PDAM tepat waktu.

Direktur PDAM Balangan Arie Widodo, menuturkan program pemasangan sambungan PDAM gratis ini adalah program baru yang bersinergi dengan pemerintah daerah untuk investasi menambah pelanggan.

Arie menjelaskan, program ini untuk ditujukan bagi warga yang berpenghasilan cukup, sedang dan mampu karena memang program tersebut untuk menambah investasi dari PDAM sendiri serta PAD.

Untuk pendaftaran ungkap Arie, sudah dibuka sejak dua hari yang lalu dan dari seribu sambungan rumah akan dibagi secara bertahap selama tahun 2023.

“Periode Maret sampai Juni itu akan dipasang 300 sambungan, kemudian Juli sampai September juga sama dan selanjutnya Oktober hingga Desember sebanyak 400 sambungan,” ungkap Arie.

Arie mengajak masyarakat yang berminat bisa datang langsung ke kantor PDAM induk di seberang kantor Kecamatan Paringin dengan melengkapi berkas persyaratan, nanti petugas PDAM yang akan memverifikasi di lapangan.

Dia menambahkan, berdasarkan perhitungan BPKP ada 58% masyarakat Balangan yang belum menikmati air bersih, jadi pihaknya bersama pemda mengusahakan dengan melakukan pemasangan PDAM gratis kepda warga.

Diketahui, untuk pemasangan sambungan PDAM gratis sendiri kuotanya akan dibagi untuk beberapa kecamatan dan yang diutamakan untuk masyarakat yang dibuktikan dengan KTP asli Balangan.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.