Hadapi Musim Hujan, Balangan Akan Gelar Doa Bersama dan Apel Pasukan

0

BERBAGAI langkah terus disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Balangan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana saat musim hujan.

SEBAGAI tindak lanjut dari arahan Gubernur dan Bupati, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana, selain itu juga akan digelar acara Balangan Bermunajat atau doa bersama.

Persiapan kedua kegiatan tersebut dibahas dalam Rapat Persiapan Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir dan Balangan Bermunajat di Kabupaten Balangan Tahun 2022 di Ruang Rapat BPBD Balangan, Senin (14/11/2022) yang dihadiri oleh TNI, Polri, Kemenag, Diskominfo, Camat Se-Kab.Balangan, Orari/Rapi, Satpol PP dll.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H. Rahmi mengatakan, Bupati Balangan H. Abdul Hadi sudah menetapkan Status Siaga Bencana, maka tindak lanjutnya akan digelar Apel Siaga untuk kesiapan personel dan peralatan yang melibatkan stakeholder.

“Selain Apel Siaga, agenda lainnya yaitu melaksanakan Balangan Bermunajat atau doa bersama sebagai upaya melangkapi ikhtiar kita untuk memohon kepada Tuhan agar Balangan terhindar dari bencana, khususnya di musim hujan,” ujarnya.

Menurutnya, doa bersama ini sangat penting, karena selain usaha kemanusiaan berupa persiapan teknis sudah dilakukan sesuai dengan arahan dan prosedur, pun disisi lain yang sangat penting dan tak boleh dilupakan yaitu berdoa kepada Tuhan seraya memohon agar dihindarkan dari bencana.

“Kedua acara ini sebagai upaya kita dalam menghadapi bencana, semoga dimusim hujan yang diperkirakan terjadi puncaknya pada bulan Desember dan Januari 2023 ini Balangan aman dari bencana,” harapnya.

Lebih lanjut setelah kegiatan ini, langkah teknis lainnya juga akan dilaksanakan kordinasi sampai ketingkat desa untuk bersama-sama menganalisa potensi bencana serta melakukan persiapan langkah antisipasi agar bencana dapat diminimalisir.

Untuk Apel Siaga direncanakan akan dilaksanakan pada Rabu (16/11/2022) dilanjutkan malam Jum’atnya Balangan Bermunajat atau doa bersama.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.